Akan Hadir! Google Versi Indonesia

PrimaBerita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat mesin pencari data, Google versi Indonesia, yang berisi data-data dari pemerintah yang dapat diakses oleh semua pihak agar masyarakat mendapatkan data akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Perpres No 39 tahun 2019

Google versi Indonesia ini terealisasi setelah Jokowi menandatangani Peratura Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Aturan ini telah diundangkan Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly pada 17 Juni 2019.

Mengutip penjelasan Perpres No. 39 tahun 2019, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah dibagipakaikan antar instansi instansi pusat dan daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Satu Data Indonesia

Portal Satu Data Indonesia yang diberi nama data.go.id. Layaknya mesin pencari Google, instansi pemerintah dan publik bisa mencari dan menemukan data terpercaya milik pemerintah.

Dalam laman keterangan disebutkan data.go.id merupakan portal resmi data terbuka Indonesia yang berisi data lintas kementerian, lembaga pemerintahan, pemerintahan daerah, dan semua instansi lain yang terkait yang menghasilkan data terkait Indonesia. 

Add a Comment