5 Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

PrimaBerita – Kolesterol tinggi mungkin merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Jika tidak segera diobati, kolesterol yang tinggi bisa membuat Anda terkena stroke hingga serangan jantung. Sehingga perlu penanganan lebih lanjut apabila Anda terkena kolesterol.

Faktor-faktor lain seseorang terkena penyakit kolesterol adalah obesitas, merokok, minum berlebihan, faktor usia dan keturunan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol, salah satunya dengan mengatur pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol paling ampuh.

Berikut buah yang dapat menurunkan kolestrol:

1. Pepaya 

Tahukah Anda bahwa ternyata pepaya merupakan buah penurun kolesterol jahat. Hal ini karena pepaya tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol menempel pada pembuluh darah apabila terjadi oksidasi, sehingga jika dibiarkan akan membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E, vitamin C, dan enzim paraxonase yang terkandung dalam pepaya akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

2. Jeruk 

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah jeruk juga mengandung serat yang akan larut dalam air, sehingga mampu mengikat kolesterol dari makanan. Selain itu, buah jeruk juga mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Baca juga:

Add a Comment