Loading...
kambing etawa
Serba Serbi Uncategorized

Apa itu Jamnapari? Ternyata banyak sekali disekitar kita..

Asal usul dan sejarah kambing jenis Etawa sampai ke Indonesia.

primaberita.com – Jamnapari atau Jamunapari adalah kambing yang berasal dari India. Jamnapari di Indonesia lebih dikenal dengan panggilan kambing Etawa.

kambing etawa

India merupakan penghasil kambing perah terbaik. Hal ini bukan serta merta tanpa alasan.

Kambing jenis Etawa merupakan kambing yang anggun (Pari) karena mempunyai penampilan yang ideal dengan tubuh tinggi dan leher yang jenjang. Langka kakinya pun anggun dan selalu menampakkan senyum.

Loading...

Namun, kambing ini tidak dapat beradaptasi jika dipindahkan ke tempat lain selain India.  Karena itu akhirnya kambing Jamnapari ini di bawa oleh bangsa Inggris keluar jauh dari India menuju ke daratan Eropa. Dalam tujuannya supaya kambing tersebut dapat beradaptasi, maka dilakukanlah upaya kawin silang. Persilangan dengan kambing lokal Inggris menghasilkan varietas yang terbilang sukses dan unggul. Populernya dikenal dengan nama kambing Anglo atau American Nubian.

Penyebaran kambing Jamnapari hingga keseluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Kambing Jamnapari ini dibawa ke Indonesia oleh seorang penumpang kapal asal Belanda yang tidak mau membuang kekosongan ruang Kargo kapal rempah-rempah tujuan pulau Jawa. 

Same halnya dengan di Indonesia, kebanyakan kambing jenis etawa telah dikembangbiakkan dan dicampur dengan kambing lokal Indonesia. Hasil penyilangan tersebut disebut “PE” atau Etawa mix.

Hasil penyilangan ini terbilang berhasil karena kini selain menghasilkan susu, juga menghasilkan daging selayaknya kambing lokal.

Saat ini kambing Jamnapari sudah menyebar ke hampir seluruh Indonesia dengan nama populer Kambing mix breed Etawa.

Demikianlah sejarah singkat asal usul kambing jenis Etawa.

Sebagai catatan, kambing Jamnapari kini banyak dibudidayakan untuk diambil susu dan dagingnya. Kini susu kambing ini sudah banyak tersedia dalam bentuk susu bubuk misalnya SiGOAT.

Susu kambing SiGOAT di produksi dengan komposisi berimbang yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Susu kambing konon dikatakan lebih baik daripada susu sapi. Salah satu keunggulannya adalah tingkat alergan susu kambing yang lebih rendah sehingga dapat dinikmati oleh orang yang alergi susu sapi sekalipun.