Presiden Jokowi resmikan tol terpanjang di Indonesia hari ini di Lampung.

daftar tol terpanjang di indonesia

Primaberita – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini berkunjung ke Lampung. Salah satu tujuan Presiden adalah untuk meresmikan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang kini memegang rekor tol terpanjang di Indonesia.

“Setibanya di Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Presiden langsung meninjau Terminal Baru Bandar Udara Internasional Radin Inten II,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Setelah meninjau terminal baru tersebut, lanjut Bey, Jokowi menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Terminal Baru Bandar Udara Internasional Radin Inten II dan Peresmian Terminal Baru Bandar Udara Silampari, Kota Lubuklinggau.

“Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Gerbang Tol Natar. Kabupaten Lampung Selatan,” kata Bey.

Resmikan jalan tol terpanjang di Indonesia

Jokowi akan meresmikan menuju Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Bakauheni-Lematang dan Segmen Kotabaru-Terbanggi Besar. Tol ini memiliki panjang 140,9 kilometer yang disebut sebagai tol terpanjang di Indonesia setelah Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 kilometer.

Tol ini menjadi jalan bebas hambatan terpanjang yang pernah diresmikan Jokowi selama dilantik sebagai presiden hingga saat ini.

Sebelumnya ruas tol terpanjang yang pernah diresmikan Jokowi adalah tol Cipali sepanjang 116,75 km pada 2015 lalu.

Rencananya, Jokowi akan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

Saat ini, dari ruas Tol Bakauheni-Terbanggi sepanjang 140,7 km, baru Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo yang beroperasi. Mulai besok, Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, Paket 3 Kotabaru-Metro dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar akan dioperasikan secara penuh.

Tersambungnya tol ini diharapkan memberi dampak positif terutama untuk mobilitas masyarakat di Pulau Sumatera, serta memperlancar arus logistik dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan biaya terjangkau.

Pembangunan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun, di mana 52% berasal dari ekuitas melalui PMN sebesar Rp 2,217 triliun dan obligasi yang diterbitkan Hutama Karya sebesar Rp 6,5 triliun.

Sisa 48% dipenuhi dengan pinjaman melalui pinjaman dari 7 sindikasi perbankan.

Bank tersebut yaitu Bank Mandiri, BNI, BCA, CIMB Niaga, Maybank, Bank Permata, dan Bank ICBC sebesar Rp 8,078 triliun.

Simak juga: daftar tol terpanjang di Indonesia

Add a Comment