Manfaat Baca Buku bagi Kesehatan


PRIMA BERITA – Kegiatan membaca buku, mungkin disukai oleh sebagian orang, namun tidak bagian sebagian lainnya. Membaca buku dikenal sangat bagus karena dapat memberikan banyak pengetahuan bagi pembacanya, namun tidak semua orang menyukai kegiatan ini. Bagi mereka yang menyukai membaca buku, mereka dapat meluangkan waktu yang lama hanya untuk membaca buku, namun bagi yang tidak menyukainya? Jangan harap untuk mereka melihat atau bahkan menyentuh buku tersebut. Lucu kan?

Apa manfaat membaca ?

Namun ternyata, selain memberikan pengetahuan bagi pembacanya, ternyata membaca buku dipercaya dapat memberikan manfaat di bidang kesehatan. Tim peneliti dari University of Liverpool mengemukakan bahwa membaca buku dapat membantu mengobati nyeri kronis. Hal ini diungkapkan setelah mengamati dampak membaca buku terhadap sejumlah partisipan yang mengalami keluhan nyeri kronis.

Penelitian tersebut dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menjalani terapi perilaku kognitif atau CBT (Cognitive Behaviout Therapy) selama lima minggu. CBT merupakan terapi yang biasa digunakan untuk menangani masalah depresi. Sedangkan kelompok kedua diminta untuk membaca buku bersama-sama selama 22 minggu. Namun pada minggu ke lima, partisipan pada kelompok pertama digabungkan dengan kelompok yang membaca buku (kelompok kedua). Setiap partisipan diminta untuk melaporkan tingkat keparahan nyeri dan emosi mereka sebelum dan setelah membaca buku.

Hasilnya sangat mengejutkan, peneliti menemukan bahwa rutin membaca buku Bersama ternyata dapat memicu efek yang sama dengan terapi kognitif perilaku bagi otak. Hal ini terbukti dari tingkat keparahan nyeri dan emosi setiap partisipan membaik hanya dalam waktu dua hari sesudah mengikuti kegiatan membaca Bersama. Hal ini sangat berbeda ketika partisipan hanya membaca buku tersendiri.

Terkejut ya? Ternyata selain menghabiskan waktu luang untuk membaca, ternyata membaca juga membantu mengurangi nyeri depresi ataupun emosi nih. Apalagi pas bacanya dibarengi dengan kakak, adik, keluarga atau bahkan pacar hingga suami istri nih, pasti bakal lebih bahagia dan ngurangi stress. Jadi jangan malas lagi ya untuk membaca sobat-sobat, bagus loh buat kesehatan.

Add a Comment