Nasional

Ups! Mendagri Tjahjo Kumolo Ditipu Kepsek Gadungan, Kok Bisa?

Primaberita.com Anggota Resmob Polda Metro Jaya membongkar penipuan yang merugikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan menangkap pelaku kepala sekolah gadungan yang telah melakukan penipuan.

Berdasarkan informasi dari Panit I Resmob Polda Metro Jaya AKP Reza Pahlevi mengatakan seorang pria berinisial NSN menghubungi Tjahjo dengan mengaku sebagai Shintawaty Sri Utami, Kepala Sekolah SD Rejosari, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk diketahui, sekolah yang disebutkan itu merupakan tempat Mendagri Tjahjo Kumolo pernah mengenyam pendidikan. Setelah mentransfer dana yang diminta pelaku, staf Mendagri kemudian mengofirmasi laporan tersebut ke pihak sekolah. Namun pihak sekolah tidak menerima uang pembangunan musala.

“Tersangka meminta sumbangan dana sebesar Rp10 juta untuk pembangunan musala di sekolah tersebut. Korban pun memerintahkan stafnya untuk mentransfer uang tersebut ke rekening milik NSN,” beber AKP Reza Pahlevi.

Setelah dilakukan kroscek oleh pihak Kemendagri ke sekolah itu, NSN pun tidak tidak terdaftar sebagai kepala sekolah di SD Rejosari. Polisi kemudian memburu NSN. Ia ditangkap dan telah menggunakan uang Rp10 juta yang diberikan Tjahjo.

“Staf Pak Menteri kemudian membuat laporan karena kasus tersebut. Pelaku menggunakan uang tersebut untuk bermain judi,” sambung AKP Reza Pahlevi.

Karena perbuatan nya, NSN dijerat dengan pasal berlapis, yaitu Pasal 378 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 4 tahun serta Pasal 372 KUHP ancaman maksimal 4 tahun, dan pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia No. 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp 10 miliar.