5 Bahan Alami Pembersih Noda Membandel Pada Kloset

Primaberita.com –  Kloset merupakan salah satu tempat pada bagian rumah yang tentunya wajib dijaga  kebersihannya agar timbul kenyamanan saat menggunakannya. Kloset juga merupakan tempat yang paling cepat kotor dan banyak noda jika tidak dibersihkan secara rutin .

Selain itu kloset yang kotor akan menjadi tempat berkembang biak kuman-kuman dan bakteri. Membersihkan kloset juga merupakan salah satu pekerjaan rumah yang sangat menjengkelkan, selain harus berurusan dengan kerak yang membandel bau pada kloset juga menjadi tantangan pada saat membersihkannya.

Akan tetapi jika rutin dibersihkan kloset akan terlihat bersih dan nyaman untuk digunakan. Selain itu membersihkannya juga menjadi tidak sulit.

Membersihkan noda kloset yang membandel juga tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal. Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu untuk membersihkan kloset. Salah satunya adalah minuman kaleng soda rasa cola.Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan kloset.

1. Minuman Kaleng Soda Rasa Cola

Kandungan ringan asam karbonat dan fosforik yang ada di dalamnya dapat digunakan sebagai pembersih kloset. Asam-asam ini adalah hasil dari proses karbonasi dan bukan dari zat pemberi rasa yang ada di dalam soda.

Caranya adalah dengan tuangkan satu kaleng penuh soda cola tersebut ke dalam kloset dan pastikan semua bagian terkena soda cola. Biarkan selama satu jam agar asam yang terkandung dalam soda cola mampu mengurai noda-noda membandel pada kloset. Setelah itu gosok dengan sikat toilet dan siram sampai bersih.

2. Air Lemon

Air lemon juga sangat bermanfaat untuk membersihkan noda kloset yang membandel. Tuang air perasan lemon kedalam kloset dan tunggu beberapa saat setelah itu gosok dengan sikat toilet dan bilas sampai bersih.Air lemon juga ampuh untuk membersihkan kursi toilet, caranya adalah Peras air lemon di atas kursi toilet, lalu taburi dengan baking soda. Kemudian usap dengan kapas. Lakukan rutin selama dua kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh sangat ampuh digunakan membersihkan noda kekuning-kuningan yang membandel pada closet anda. Zat yang bersifat asam memang sering digunakan untuk membersihkan berbagai macam alat dan benda di sekitar kita, karena zat yang bersifat asam cepat bereaksi dalam mengangkat noda dan kerak yang membandel.

Caranya adalah pilih belimbing wuluh yang tidak terlalu tua, dan belah menjadi beberapa bagian. Gosokkan ke permukaan kloset yang memiliki noda membandel dan permukaan lainnya secara merata, kemudian diamkan untuk beberapa saat. Gosok dengan sikat toilet secara satu arah setelah itu lap dengan kain basah atau kering.

4. Cuka

Cuka dapat mengangkat kotoran-kotoran membandel pada kloset.Tak hanya itu, cuka mampu menguap sendiri sehingga ampuh menghilangkan bau tak sedap. Caranya tuangkan cairan cuka pada permukaan kloset secara merata. Diamkan untuk beberapa saat, kemudian gosok dengan sikat kloset sampai bersih kemudian siram dengan air bersih.

5. Baking Soda

Baking soda adalah produk alami yang dapat membersihkan kotoran. Caranya juga cukup mudah taburkan baking soda ke kloset dan diamkan untuk beberapa saat kemudian gosok dengan sikat toilet. Setelah itu bilas dengan air bersih. Jika noda masih membandel dan kurang bersih kamu dapat menambahkan cuka agar kloset semakin kinclong.

Add a Comment