Tahi Lalat Bisa Jadi Pertanda Kanker Kulit, Kenali Ciri-Cirinya

Primaberita.com – Tahi lalat atau dalam bahasa latin nya disebut nevus pigmentosus memang kerap dan sangat wajar di temukan pada bagian tubuh manusia. Baik itu di wajah, di badan, di tangan, di kaki maupun bagian tubuh lain nya.

Bahkan pada orang dewasa bisa dijumpai sekitar 10 hingga 40 buah tahi lalat. Namun apakah Anda tahu? Ada tahi lalat yang memberikan sinyal bahwa tubuh terjangkit penyakit melanoma atau kanker kulit ganas?

Berdasarkan keterangan para ahli kulit jika ada 50 tahi lalat atau lebih muncul pada tubuh anda, lebih baik anda segera memeriksa kan nya atau berkonsultasi ke ahli kulit. Terlebih jika warnanya berubah serta ukurannya berganti menjadi besar atau mengecil.

Selain itu, tanda umum lain nya adalah ketika tahi lalat tersebut tampak kering dan kusam yang menimbulkan rasa sakit hingga berdarah. Kemungkinan besar itu adalah melanoma atau kanker kulit dalam kategori ganas.

Gejala melanoma sendiri terlihat dari pola seperti tahi lalat yang bermula dari melanosit lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti paru-paru, hati, tulang, bahkan otak. Penyebabnya bisa karena keturunan, sinar UV dari matahari, atau kelainan hormon.

Warnanya berpadu antara merah, coklat, hitam, bahkan biru, putih, serta abu-abu. Ukurannya bisa lebih dari 6 milimeter. Parahnya, pola ini bisa berubah dalam hitungan minggu atau bulan. Untuk menghindari melanoma, cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

Add a Comment