Kamar Mandi Berbau Dan Kotor? Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Primaberita.com – Kamar mandi berbau dan kotor adalah masalah klasik di setiap rumah. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kamar mandi bersih dan terhindar dari kuman. Mulai dari menggunakan kapur barus, pewangi ruangan hingga dibersihkan secara rutin.

Namun tahukah anda jika yang anda lakukan tersebut tak akan menjamin jika kamar mandi anda bebas dari bau? Karena sejatinya aroma tak sedap di kamar mandi biasanya berasal dari saluran air kotor atau saluran kloset.

Untuk itu, meski anda telah memberikan wangi-wangian dan membersihkan kamar mandi secara rutin bau tak sedap masih saja akan muncul. Untuk menghindari hal itu, lakukan beberapa trik berikut.

Ventilasi – Tak jarang kamar mandi sering kali minim ventilasi. Nah ada baiknya kamu memperhatikan sistem ventilasi agar sirkulasi udara di kamar mandi berganti, maka kamu harus mulai memperbaikinya. Selain itu pastikan agar hawa septic tank tidak terbawa angin dan masuk kembali ke dalam rumah. Buatlah juga pipa buangan ventilasi septic tank dengan jarak yang jauh dari bangunan, minimal 1,5 m.

Cek kondisi bak kontrol – Pada dasarnya, bak kontrol merupakan bak berlubang yang menampung air kotor dari saluran kamar mandi, lalu meneruskannya ke saluran umum. Fungsinya adalah memudahkan perawatan dan pembersihan saluran. Salah satu sumber bau di kamar mandi adalah bak kontrol.

Pemasangan kloset – Pemasangan kloset yang salah juga menjadi pemicu bau tak sedap muncul. Perhatikan jarak lubang pembuangan toilet ke dinding. Pastikan agar jaraknya sesuai dengan standardisasi toilet, 30cm. Selain itu perhatikan ada atau tidaknya seal connector. Jika belum ada, sebaiknya kamu mulai memasangnya sejak dini. Namun, jika sudah ada, pastikan agar seal connector ini terpasang dengan benar dan sempurna.

Floor drain di kamar mandi – Perhatikan peranti lubang air atau floor drain di kamar mandi. Jika water seal (genangan air) di dalamnya menguap dan berkurang akibat kamar mandi yang jarang dipakai, bisa jadi itulah penyebabnya.

Atur ulang pemipaan – Pipa pembuangan air kotor pun harus rata dengan lantai, agar munculnya bebauan ini bisa dihindari.

Add a Comment