E-KTP Tercecer Di Duren Sawit, Fadli Zon Tuntut Mendagri Mundur

Primaberita.com – Tercecernya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur menyita perhatian dan menuai komentar pedas dari berbagai kalangan tak terkecuali dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Bahkan karena hal itu, Fadli Zon meminta agar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mundur dari jabatannya karena dinilai tak becus menangani masalah e-KTP.

“Saya kira saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri saja. Ini nggak becus mengurus masalah e-KTP, mengurus DPT dan juga mengurus data-data kependudukan. Ini masalah-masalah basic kok. Selama 4 tahun ini ngapain saja,” tegas Fadli.

Fadli menyayangkan kejadian tercecernya e-KTP ini kembali terulang setelah sebelumnya sempat terjadi beberapa waktu yang lalu. Politisi Partai Gerindra itupun menyebut hal itu sangat memalukan.

“Coba lihat aja deh di negara-negara lain, di negara yang paling terbelakang sekalipun, data penduduk itu sudah seperti apa ya, sampah. Berkarung-karung tercecer di berbagai tempat ini memalukan,” papar Fadli.

Lebih jauh Fadli Zon pun menyatakan Tjahjo Kumolo tak perlu menunggu sampai dipecat dan segera mengundurkan diri dari jabatan nya sebagai Mendagri. Ia mengatakan sistem data kependudukan harus segera dievaluasi.

“Saya kira ini harus menjadi evaluasi total, sehingga data kependudukan itu menuju pada single identity number, seperti di negara-negara maju. Semuanya ada di situ dan ada proteksi dong,” beber Fadli lagi.

“Tidak boleh ada pihak asing atau swasta menguasai data penduduk kita. Ini bisa disalahgunakan, untuk keperluan usaha, keperluan bisnis, untuk penipuan termasuk untuk politik,” tutupnya.

 

 

 

Add a Comment