Ternyata Kebiasaan Kecil Ini Yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Primaberita.com – Simak yuk penjelasan kebiasaan kecil ini yang menyebabkan timbulnya jerawan, perhatikan terus kesehatan wajah ya sobat Prima… Jerawat bisa disebabkan banyak hal, baik faktor internal (pola makan, kondisi tubuh/kulit) juga faktor eksternal (kondisi lingkungan, makeup dan skin care yang digunakan). Namun, coba periksa kembali kebiasaan Anda sehari-hari, jangan-jangan tanpa disadari, kebiasaan Anda juga jadi penyebab jerawat akibat pori-pori yang tersumbat:

1. Seprai dan sarung bantal yang kotor

Bagaimana posisi favorit tidur Anda di malam hari, telentang, tengkurap, hadap kiri atau kanan? Lalu, seberapa sering Anda mencuci seprai dan sarung bantal? Idealnya, Anda mencuci seprai dan sarung bantal kepala minimal seminggu sekali. Karena tanpa sadar, ada saja kotoran-kotoran, kulit mati, serta minyak (dari wajah dan rambut) yang menempel di seprai dan sarung bantal. Dari bantal dan seprai yang kotor, bukan tak mungkin berpindah ke wajah dan menyebabkan timbul jerawat. Jangan malas mencuci seprai dan sarung bantal, ya.

2. Produk styling/perawatan rambut 

Bila Anda senang memakai produk hair styling seperti hair spray, gel, atau pomade, bahkan produk perawatan seperti leave on conditioner, bisa saja produk-produk yang menempel di rambut Anda berpindah ke wajah saat beraktivitas, maupun saat tidur dan kemudian menyumbat pori-pori atau menyebabkan iritasi dan jerawat. Maka, bila tidak sempat mencuci rambut sebelum tidur malam, coba bungkus rambut Anda dengan scarf(idelanya dari bahan sutera) agar sisa-sisa produk tidak berpindah ke sarung bantal, seprai, atau kulit wajah.

3. Peralatan makeup dan skin care yang kotor

Kapan terakhir Anda mencuci spons dan kuas makeup Anda? Bila Anda membersihkan wajah menggunakan waslap, spons, atau sikat khusus, apakah digunakan secara berkala? Jangan malas membersihkan semua peralatan makeup Anda, bahkan jangan lupa juga mengganti beberapa peralatan yang sudah saatnya diganti (sudah lusuh, sobek, atau rusak) agar tidak menjadi sarang kotoran, minyak, dan kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah.

4. Memakai makeup saat berolahraga

Saat memakai skin care dan makeup, otomatis ada lapisan di permukaan paling atas kulit Anda. Bila akan melakukan olahraga tetapi tetap memakai makeup tebal, Anda kemungkinan menyumbat keringat dan minyak yang dikeluarkan pori-pori yang bisa berujung timbulnya jerawat. Maka hindari memakai makeup tebal saat berolahraga, malah sebisa mungkin hindari memakai makeup saat berolahraga dan bersihkan wajah setelah berolahraga.

5. Sering touch up makeup setelah seharian beraktivitas

Setelah beraktivitas selama beberapa jam, wajar bila makeup yang Anda aplikasikan mulai memudar dan hilang karena keringat dan minyak, jadi mungkin rasanya Anda ingin touch up untuk mengembalikan makeup ke kondisi prima.

Ini do’s & dont’s touch up makeup.

  • Bersihkan sisa keringat dan minyak terlebih dahulu menggunakan blotting paper atau tisu wajah. Tepuk-tepuk ringan di atas permukaan wajah sebelum melakukan touch up. Terkadang, Anda hanya perlu menghilangkan kilau di wajah dan memulaskan lipstik untuk menjadikan penampilan lebih segar, jadi tak selalu harus memoleskan ulang bedak dan foundation.
  • Touch up menggunakan produk yang ringan, hindari memakai makeup yang berat seperti foundation coverage medium dan full untuk touch up. Bisa saja Anda menggunakan compact powder/finishing powder dan menambah warna menggunakan blush on. Cukup lakukan 1-2 kali saja dalam sehari, hindari menumpuk lapisan demi lapisan makeup di atas wajah kotor berkali-kali dalam 1 hari.
  • Bila merasa wajah terlalu berminyak atau terlalu kumal dan perlu touch up yang agak berat, lebih baik bersihkan dulu seluruh wajah dan mulai makeup dari nol, daripada Anda menumpuk makeup tebal di atas sisa makeup, kotoran, dan sebum hasil aktivitas seharian.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Add a Comment