Oat Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Wajah Dan Kulit Loh !

Primaberita.com – Tenyata Oat bermanfaat untuk kesehatan wajah dan kulit kita loh sobat Prima. Bukan hanya baik sebagai menu sarapan, Manfaat oat untuk wajah dan kulit mungkin belum banyak diketahui. Nah, kalau Anda penasaran apa yang bisa dilakukan oat untuk kulit dan wajah Anda, yuk simak manfaatnya berikut ini.

Manfaat oat untuk wajah dan kulit

1. Sebagai larutan untuk berendam

Supaya kulit lebih kenyal dan lembap, Anda bisa menambahkan oat dalam air rendaman. Tak cuma bikin kulit jadi nyaman, Anda pun akan lebih rileks dan tenang.

Caranya sangat mudah, setelah air hangat untuk berendam sudah siap, masukan 1 cangkir oat. Kemudian tuangkan sedikit tetesan minyak lavender untuk memberikan aroma.

Anda bisa berendam dalam air campuran oats ini selama 15 sampai 30 menit untuk mendapatkan kulit yang lembap.

2. Pembersih muka

Manfaat oat untuk wajah yang satu ini mungkin tidak terdengar asing. Pasalnya, sudah ada cukup banyak produk kecantikan yang mengandalkan oat sebagai bahan pembersih muka.

Oat mengandung senyawa kimia bernama saponin yang biasanya ditambahkan ke dalam shampo dan deterjen karena kemampuannya sebagai emulsi dan menciptakan busa.

Bagi Anda yang punya kulit sensitif, Anda bisa meraup manfaat oat untuk wajah ini. Pasalnya, oat cukup aman bagi Anda yang punya kulit sensitif dan mudah iritasi.

Selain sebagai pembersih muka, oat juga dapat dimanfaatkan sebagai masker, cleanser ,dan sabun. Cara buatnya cukup mudah, campurkan oat dengan air hangat hingga teksturnya seperti pasta, kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Campurkan keduanya hingga rata.

Selanjutnya, pembersih alami ini siap digunakan. Gosokan pembersih ini pada kulit wajah dengan gerakan memutar sampai setiap bagian wajah bersih.

Antibakteri dari campuran madu juga membantu menenangkan kulit yang sedang meradang dan mengurangi kulit yang kering.

4. Eksfoliator alami

Manfaat oat untuk wajah yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai eksfoliator.

Mungkin Anda ingin mencoba produk eksfoliator tapi takut iritasi. Atau bahkan sudah coba produk tersebut dan memang tidak cocok. Nah, oat bisa jadi pilihan eksfoliator alami yang tepat, karena tidak menimbulkan iritasi dan kemerahan.

Untuk membuat eksfoliator sendiri, Anda bisa mencampurkan oat dengan sedikit minyak kelapa, gula yang bertekstur kasar, dan air hangat. Campur semuanya hingga bertekstur seperti pasta dan jangan sampai terlalu cair.

Kemudian gosokkan ke kulit wajah Anda seperti menggunakan scrub pada umumnya. Kemudian gosokkan ke kulit wajah Anda seperti menggunakan scrub pada umumnya.

5. Mengobati jerawat

Manfaat oat untuk wajah lainnya adalah menyerap kelebihan minyak di kulit dan membantu menyembuhkan jerawat.

Anda hanya perlu merebus ⅓ cangkir air yang telah terisi setengah cangkir oat di dalamnya. Kemudian, diamkan campuran tersebut hingga dingin. Jika sudah dingin, oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan setidaknya selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Oat mengandung zink yang dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat

6. Pelembab alami

Oat dapat mengangkat sel kulit mati dan bertindak sebagai pelembab alami. Beta glukan yang yang ada dalam oat dapat menjadi lapisan yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Beta glukan dapat menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan kelembaban alami kulit.

Cukup campurkan 2 cangkir gandum dengan 1 cangkir susu, 1 sendok makan madu. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbali ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Terimakasih !….

Add a Comment