Berperilaku Baik Dengan Orang Lain Berguna Untuk Kesehatan Mental

Primaberita.com – Berperilaku baik dengan orang lain itu berguna loh untuk kesehatan mental kita sobat Prima. Sering dikatakan bahwa lebih baik memberi daripada menerima, tetapi apakah Anda tahu bahwa anggapan ini sebenarnya didukung oleh penelitian? Meskipun banyak dari kita merasa terlalu stres dan sibuk untuk membantu orang lain, penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan mental dan kesejahteraan Anda sendiri.

1. Membantu orang lain membuat perasaan lebih baik

Ketika Anda membantu orang lain, ada perubahan fisiologis positif di otak yang terkait dengan perasaan bahagia. Membantu orang lain meningkatkan dukungan sosial, mendorong kita untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif secara fisik, mengalihkan perhatian kita dari masalah kita sendiri, memungkinkan kita untuk terlibat dalam kegiatan yang bermakna, dan meningkatkan harga diri serta kompetensi kita.

2. Adanya rasa memiliki dan mengurangi isolasi

Menurut pakar, kesepian menyebabkan tingkat kematian lebih tinggi dibandingkan obesitas. Dengan melakukan hal baik untuk orang lain, Anda menjadi bagian dari jejaring sosial yang bisa mengarah pada perasaan memiliki (sense of belonging). Misalnya, kegiatan tatap muka seperti menjadi sukarelawan dapat membantu mengurangi kesepian dan isolasi.

3. Membuat Anda melihat dari perspektif yang berbeda

Membantu orang lain yang membutuhkan, terutama mereka yang kurang beruntung dari diri Anda, dapat memberikan perspektif nyata dan membuat Anda menyadari betapa beruntungnya Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk berhenti berfokus pada hal negatif dan melihat hal-hal yang positif.

4. Membuat dunia jadi lebih baik

Meski terdengar lebay, tindakan kebaikan memiliki potensi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Suatu tindakan kebaikan dapat meningkatkan kepercayaan diri, kontrol, kebahagiaan dan optimisme. Kebaikan juga dapat menular, lho. Kebaikan dapat mendorong orang lain untuk mengulang perbuatan baik yang mereka alami sendiri.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima, Jika ada kritikan dan saran boleh comment di bawah ya ! Biar kita sama-sama saling berbagi ilmu pengetahuan. Dan jaga terus kesehatan tubuh sobat Prima ya, karena tubuh yang sehat itu mahal.

Yuk, mulai berbuat baik pada orang lain.

Add a Comment