Ternyata Senyawa Yang Terkandung Di Dalam Buah Apel Mampu Memperlambat Penuaan.

Primaberita.com – Ilmuwan telah menemukan senyawa yang terkandung di dalam buah apel mampu memperlambat penuaan seseorang jika rutin di konsumsi buah apel-nya ya sobat prima. Salah satunya adalah penemuan penting yang baru-baru ini didokumentasikan adalah penemuan yang mengidentifikasi senyawa alami yang ditemukan dalam berbagai jenis buah, seperti apel dan stroberi, dan sayuran yang dapat memperlambat proses penuaan.

Salah satu faktor kunci dalam proses penuaan dikenal sebagai “cellular senescence,” atau penuaan sel yaitu :

Ketika sebuah sel memasuki tahap ini, ia tidak lagi dapat membagi. Ketika hal tersebut akhirnya terjadi, sel melepaskan sinyal inflamasi yang mendorong sistem kekebalan untuk “membersihkan” sel yang rusak. Tubuh yang lebih muda dapat dengan mudah menghilangkan sel-sel tua, tetapi ketika kita beranjak tua, sistem kita menjadi semakin berkurang.

Hal ini menyebabkan akumulasi sel yang rusak yang menyebabkan peradangan tingkat rendah dan kemudian mengakibatkan jaringan terputus. Dalam studi yang diterbitkan di Nature Medicine, para ilmuwan di University of Minnesota Medical School di Minneapolis dan Mayo Clinic di Rochester memperhatikan bahwa senolytics – yang merupakan molekul yang menargetkan dan menghancurkan sel-sel tua untuk memperlambat atau mencegah proses penuaan – secara efektif dapat memperpanjang umur individu dan meningkatkan kesehatan mereka.

Prof. Paul D. Robbins dari University of Minnesota mencoba mengidentifikasi senolytics mana yang paling efektif dalam memperlambat proses penuaan. Dalam penelitian ini, ia dan para peneliti menguji 10 flavonoid pada tikus yang menua. Dari semua senyawa yang mereka teliti, yang paling efektif dalam proses menghambat penuaan adalah fistein, yang secara alami terdapat pada buah dan sayuran seperti apel, stroberi, bawang, dan mentimun.

Ketika merawat tikus yang sudah tua dengan fistein, tim ini melihat bahwa senyawa ini mengurangi tingkat sel rusak pada hewan, memperpanjang umur mereka dan berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik.

“Hasil ini menunjukkan, bahwa kita dapat memperpanjang kualitas kesehatan bahkan menjelang akhir kehidupan,” ujar Prof. Paul.

Namun, ia menambahkan bahwa ini hanyalah langkah pertama dari penelitian tersebut. Ia menekankan bahwa masih banyak pertanyaan yang harus dijawab, termasuk dosis yang tepat, misalnya. Untuk sementara waktu, tidak ada salahnya mulai mengkonsumsi buah apel untuk menjaga kesehatan sobat Prima.

Semoga Bermanfaat !!!…

Add a Comment