Ini Dia Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih Untuk Kesehatan

Primaberita.com – Sudah sejak lama diketahui bahwa khasiat bawang rempah bumbu dapur, baik bawang merah ataupun putih, memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan. Banyak penelitian membuktikan bahwa kedua jenis bawang ini mampu mengobati dan mencegah penyakit kanker, jantung, diabetes, dan bahkan kerusakan saraf.

Bawang merah, misalnya. Jenis rempah-rempahan ini kaya akan polifenol yang baik untuk kesehatan. Tingginya kandungan polifenol ini membuat bawang merah masuk ke dalam daftar 10 makanan sumber flavonoid tinggi, yaitu senyawa yang hanya berasal dari tumbuhan.

Selain itu, bawang merah juga mengandung kuersetin, yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti radang untuk melawan penyakit kronik, seperti berbagai jenis kanker. Kandungan tersebut, menurut para ahli, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Lalu, penelitian sudah membuktikan kandungan kuersetin dalam bawang merah juga bisa mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah sehingga ampuh untuk menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Manfaat bawang merah sangat beragam, terutama untuk organ tubuh, kulit, wajah, kuku, dan rambut. Apa saja manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan?

Berikut ini kami bahas selengkapnya manfaat bawang merah untuk kesehatan.

  1. Menurunkan tingkat kolesterol
  2. Mencegah masuk angin dan batuk
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Mengatasi diabetes
  5. Mencegah kanker
  6. Mengatasi asma
  7. Menyembuhkan influenza
  8. Mengobati wasir/ambeien

Menurunkan tingkat kolesterol

Dilansir Naturally Yours, bawang merah biasa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang merah bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida.

Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi 3 sampai 4 siung bawang merah saat perut masih kosong.

Mencegah masuk angin dan batuk

Manfaat bawang merah yang lain adalah mencegah masuk angin dan batuk. Menurut hasil penelitian, konsumsi bawang merah secara teratur bisa menurunkan risiko terkena masuk angin dan batuk sampai 50 persen.

Untuk mendapatkan khasiat bawang merah dalam mencegah masuk angin, gerus 2 siung bawang. Setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain mencegah masuk angin dan batuk, konsumsi bawang merah juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit-penyakit lain yang disebabkan virus. Ini disebabkan oleh khasiat alliinase dan alliin di dalamnya.

Mengatasi diabetes

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi 2 sampai 3 siung bawang merah secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Allicin bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

Mencegah kanker

Dilansir HerbalFor, sulphide di dalam bawang merah dapat membantu liver untuk melawan pembelahan sel kanker yang tidak wajar.

Mengatasi asma

Untuk mendapatkan manfaat bawang merah dalam mengobati asma, kombinasikan bawang yang sudah dihaluskan dengan madu.

Menyembuhkan influenza

Untuk penderita influenza, aroma menyengat dari bawang merah akan menstimulasi membran mokus. Dengan begitu pernapasan terasa lebih lega.

Dilansir Healing Herbal Information, bawang merah juga bisa diolah menjadi sirup pereda asma. Cukup rebus segenggam bawang merah bersama cuka dan gula, kemudian minum satu sendok setiap pagi.

Mengobati wasir/ambeien

Manfaat bawang putih tunggal atau bawang merah yang tak kalah penting adalah meredakan wasir yang meradang. Olesan sari bawang merah pada area anus akan membantu meredakan pembengkakan.

Sama seperti ‘saudara’-nya, bawang putih juga mengandung berbagai zat, seperti senyawa alil sulfur, asam lemak, selenium, dan vitamin A, yang mampu mengobati berbagai penyakit mematikan, khususnya kanker kulit, kanker usus, dan kanker payudara.

Bawang putih juga terkenal di berbagai negara sebagai antibiotik, antihipertensi, antimikroba, menurunkan kadar kolesterol, dan gula darah. Bahkan, sudah sejak beberapa abad lalu bawang putih digunakan sebagai antiseptik pada luka dan mencegah terjadinya pembusukan.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi pria dan wanita, terutama yang berkaitan dengan kesuburan.

  1. Meningkatkan kadar estrogen pada wanita
  2. Melancarkan sirkulasi darah dan menambah stamina untuk ibu hamil
  3. Mencegah kelainan kromosom pada bayi
  4. Mengatur hormon reproduksi pira
  5. Mencegah rusaknya sperma
  6. Melancarkan sirkulasi darah ke organ seksual

Manfaat bawang putih untuk wanita adalah meningkatkan kadar estrogen. Bawang putih berperan dalam membersihkan darah dan membantu sirkulasinya, sehingga wanita memiliki stamina yang baik untuk mengandung. Vitamin B6, vitamin C, dan selenium di dalamnya akan mencegah kelainan kromosom pada bayi yang dikandung. Dilansir Positive Med, konsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari sebelum ovulasi (masa subur) akan meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita.

Sementara itu, manfaat bawang putih bagi pria adalah menambah gairah seksualitas. Bawang putih merupakan sumber vitamin B6 dan selenium. Vitamin B6 berguna untuk memperkuat imunitas dan mengatur hormon. Sementara itu selenium berperan sebagai antioksidan yang mencegah rusaknya sperma. Allicin yang terkandung di dalam bawang putih juga berfungsi melancarkan sirkulasi darah ke organ seksual.

Berikut ini kami tampilkan resep untuk mendapatkan manfaat bawang putih bagi pria.

Bahan:

  • 5 Siung bawang putih
  • 1 Kuning telur ayam kampung
  • 1 Sendok makan madu murni

Cara mendapatkan manfaat bawang putih untuk pria:

  1. Haluskan bawang putih yang sudah dikupas.
  2. Aduk bawang putih lumat bersama kuning telur.
  3. Minum ramuan tersebut sebelum bercinta atau setiap pagi untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal.

Manfaat bawang putih untuk wajah dan khasiat menghilangkan jerawat

Sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri.

Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menambahkan bawang merah dan bawang putih pada makanan, yang selain melezatkan juga terbukti sangat berkhasiat untuk kesehatan kita.

Add a Comment