Girls, Perhatikan Hal ini Saat Memakai Lensa Kontak dan Perawatannya !

Primaberita.com – Girls perhatikan selalu kesehatan mata  kalian saat memakai lensa kontak  ya. Lensa kontak atau softlens berfungsi sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak akan memudahkan ketika melakukan berbagai aktivitas, tanpa perlu mengkhawatirkan kacamata yang mungkin memiliki risiko baret, pecah, patah atau hilang. Selain membantu melihat lebih jelas, lensa kontak juga tidak mengganggu penampilan. Memakai lensa kontak saat ini sudah menjadi kebiasaan yang umum di kehidupan kita, baik yang netral maupun minus, baik yang bening maupun yang memiliki pigmen warna! Karena itu juga, ya, selain berfungsi sebagai pelengkap makeup mata, lensa kontak juga menjadi bagian dari daily look kita sehari-hari.

Ngomong-ngomong soal lensa kontak yang menarik banget ini, sebenarnya ada beberapa hal juga yang harus kita perhatikan agar kesehatan mata tetap terjaga selama memakai lensa kontak. Mulai dari kebersihan hingga pemilihan lensa kontak.

Berikut ini yang harus kita ingat soal pemakaian lensa kontak demi kesehatan mata!

1. Kebersihan pemakaiannya

Terbayang ngerinya ada benda asing yang masuk ke mata kita? Duh, jangan sampai, deh, gara-gara pemakaian lensa kontak atau softlens yang kurang higienis mata kita jadi iritasi apalagi sampai mengalami masalah kesehatan mata serius lainnya. Untuk mencegahnya, pastikan tangan kita bersih saat memakai lensa kontak, dan pastikan juga untuk membersihkannya setelah pemakaian. Mau lebih aman lagi? Pakai saja lensa kontak disposable harian yang bisa langsung Anda buang setelah pemakaian!

2. Awas mata kering

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memakai lensa kontak adalah kelembapan mata. Kemampuan lensa kontak untuk melembapkan menghindari iritasi karena mata kering. Untuk lensa kontak dengan teknologi pelembap bisa digunakan bisa lebih dari delapan jam, sementara yang tanpa pelembap sebaiknya jangan sampai lebih dari delapan jam.

3. Hati-hati pigmen warna

Meski lazim digunakan, ternyata pigmen warna pada lensa kontak bisa berbahaya bagi kesehatan mata. Umumnya lensa kontak berpigmen warna juga tidak menggunakan lapisan khusus pelindung pigmen warna tersebut sehingga bisa langsung berkontak dengan bola mata kita.

4. Perlindungan terhadap sinar UV

Selain melembapkan mata dan punya lapisan khusus pelindung pigmen warna, lensa kontak tertentu juga sudah memiliki perlindungan terhadap sinar UV A dan UV B, misalnya Acuvue Define Radiant Chic (disposable harian) dari Johnson & Johnson. Lensa kontak ini melindungi mata dari sinar UV A dengan proteksi hingga 82 persen dan UV B sampai 97 persen. Bisa dipakai selama olahraga dan mencegah mata katarak juga!

Cara Merawat Lensa Kontak

Meski memiliki banyak keunggulan dari sisi perawatan, lensa kontak membutuhkan lebih banyak perhatian dibandingkan kacamata. Kondisi lensa kontak harus selalu higienis agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti infeksi mata dan komplikasi penglihatan lainnya.

Meski tidak dapat sepenuhnya dihindari, Anda bisa mencegah terjadinya infeksi mata dengan cara-cara berikut.

  • Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak Anda.
  • Lepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak Anda tidak terkena air.
  • Usahakan untuk selalu melepas lensa kontak sebelum tidur. Sangat tidak disarankan untuk mengenakan lensa kontak secara terus-menerus. Saat kita menutup mata dengan adanya lensa kontak yang tetap berada di dalam mata, jumlah oksigen ke mata makin menipis. Hal ini menyebabkan permukaan mata menjadi rentan mengalami infeksi. Selain itu, kuman yang ada di lensa akan menempel di kornea selama kita tidur.
  • Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak Anda. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air laut, air kolam, bahkan air sulingan sekali pun, bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.
  • Gosok dengan lembut saat Anda membersihkan lensa kontak dengan menggunakan cairan pembersih. Hati-hati agar tidak merobek lensa kontak.
  • Bersihkan lensa kontak usai digunakan dan kotak penyimpanan lensa kontak tiga bulan sekali agar tetap terjamin kebersihannya.
  • Jika Anda mengenakan lensa kontak sekali pakai, Anda tidak perlu membersihkannya karena lensa ini tidak didesain untuk kembali digunakan. Jangan pernah menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih dari sehari.

Penyakit yang Berisiko Timbul Akibat Lensa Kontak Kotor

Jika digunakan secara benar, lensa kontak terbukti aman. Namun risiko infeksi mata akibat lensa kontak sebaiknya tetap diwaspadai. Sebab kuman ada di mana-mana, termasuk di tangan dan kelopak mata. Saat bakteri atau jamur menempel di lensa kontak Anda, mata pun memiliki risiko terkena infeksi.

Zat disinfektan yang terkandung di dalam cairan pembersih lensa kontak tidak selalu 100 persen efektif dalam membasmi jamur dan bakteri. Selain infeksi akibat jamur dan bakteri, menggunakan lensa kontak juga memiliki risiko memicu iritasi pada mata, ulkus kornea, konjungtivitis, dan abrasi kornea.

Segera konsultasi ke dokter jika mata Anda kemungkinan mengalami gangguan akibat lensa kontak. Ditandai dengan gejala iritasi, mengeluarkan kotoran terus menerus, bengkak, sakit dan perih, merah, penglihatan terganggu, atau sensitif terhadap cahaya.

Nah, Acuvue Define Radiant Chic tadi adalah varian terbaru dari Acuvue Define yang bukan hanya cantik untuk mata, tetapi juga menjaga kesehatannya. Melembapkan hingga 20 jam, pigmen warna di lensa kontak ini juga memiliki lapisan pelindung khusus sehingga mata tidak langsung berkontak dengan zat pewarna tersebut. Penggunaannya yang sekali pakai juga menghindarkan kita dari risiko iritasi akibat pembersihan yang tidak tuntas maupun kerusakan lensa kontak yang sudah sering dipakai.

Jadi, meski lensa kontak itu biasa dipakai untuk pelengkap makeup dan penampilan kita sehari-hari, jangan sampai melupakan aspek kesehatan mata kita juga, ya!

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Terimakasih !….

Add a Comment