Cara Untuk Atur Porsi Makan yang Lebih Sehat Dan Cemilan Khusus Untuk Yang Suka Makan

Primaberita.com – Nah… Untuk sobat Prima yang pejuang diet nih, Diet sehat dengan mengatur porsi makan kita yuk!…  Jangan dengan menahan lapar dong, gak baik untuk tubuh kita. Menahan lapar memang mungkin tidak terlalu menyiksa jika dibandingkan dengan mengatur porsi makan dalam satu piring. Terbiasa makan banyak dan harus mengurangi porsi dalam jumlah drastis rasanya sangat berat.

Untungnya nih, ada cara sederhana yang bisa memastikan sobat Prima mendapatkan keseimbangan nutrisi dalam satu piring. Dan yang paling penting membuat piring tetap terlihat penuh meskipun sebenarnya porsi makan berkurang, yaitu aturan 50/25/25 atau yang juga dikenal di kalangan ahli diet sebagai Metode Piring.

Caranya adalah dengan mengisi 50% piring Anda dengan sayuran non-starch—seperti selada, wortel, ketimun, jamur dan lobak, lalu 25% dengan protein tanpa lemak—baik hewani maupun nabati, dan 25% terakhir dengan karbohidrat, yang diutamakan biji-bijian atau sayuran yang mengandung tepung, seperti kentang.

Jadi, bayangkan sebuah garis di tengah piring Anda dan letakkan sayuran di satu sisi, kemudian protein dan karbohidrat saling berbagi tempat di sisi yang lain. Starla Garcia, M.Ed, RDN, LD, seorang ahli diet terdaftar di Houston, mengatakan jika Kita menggunakan karbohidrat seperti nasi, maka kira-kira porsi makan yang digunakan adalah seukuran kepalan tangan.

“Saya pribadi mendorong menggunakan Metode Piring karena dapat membantu orang menempatkan kelompok makanan yang direkomendasikan ke dalam satu piring porsi makan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Shauna Sacco, MS, RDN, pelatih pribadi bersertifikat dan ahli diet terdaftar di Houston, aturan Metode Piring kadang lebih membantu jika dilakukan pada piring yang lebih kecil. Untuk sayuran, dia juga menyarankan untuk menggunakan lebih banyak warna dalam satu porsi makan, yang terbukti memiliki semakin banyak manfaat kesehatan.

Tapi untuk yang suka ngemil tentu akan sangat merasakan kesulitan untuk mengatur porsi makan yang seperti ini pastinya.
Dan untuk menjaga bentuk tubuh yang sudah ideal, yang kamu dapatkan dengan susah payah ini memang tak semudah membalikkan telapak tangan ya. Jika bentuk tubuh kamu masih belum ideal saat ini, pastikan kamu melakukan pola diet yang baik ya. Gigi kamu pasti akan merasa gatal jika tidak mengunyah sesuatu, entah itu camilan yang kamu pilih sudah tepat atau belum. Kamu bisa menggunakan biji – bijian yang rendah kalori untuk memenuhi proses diet kamu.

Banyak biji – bijian yang bisa kamu gunakan untuk menjaga pola diet. Tentu saja diimbangi dengan olahraga yang cukup setiap hari, yaitu 20 menit setiap harinya. Pilih olahraga yang tak membuat lelah yang berarti membakar gula darah yang membuat kamu mudah lapar. Bakar lemak dengan olahraga yang sesuai ya.

Eitssss…, kali ini kita simak dulu biji – bijian yang mengandung serat dan omega tiga yang tinggi, apa sajakah itu ? yang bisa membantu kamu menjaga pola diet kamu dengan baik :

1. Biji Labu Kuning : Labu kuning atau waluh.
Bijian yang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin, asam lemak tak jenuh dan banyaknya zat besi pada bijinya, yang dapat membantu dalam proses pembakaran lemak tubuh, dengan olahraga. Namun nyatanya segala sesuatu yang berlebihan tak akan baik bukan ?, sama dengan biji waluh ini yaitu mengganggu proses pencernaan.

2. Biji Bunga Matahari : Kuaci.
Biji ini memiliki 7 kalori dalam setiap bijinya. Kandungan kalium yang terdapat di dalamnya lah yang baik untuk kamu pilih menjadi menu diet. Sama seperti biji waluh, kuaci juga bisa mempercepat proses pembakaran lemak, karena metabolisme akan meningkat.

3. Biji Pepaya.
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji buah papaya bisa membantu kamu dalam proses penurunan berat badan. Selain buahnya yang pas untuk menu diet kamu, bijinya bisa kamu blender setelah mengeringkannya, kemudian menyeduhnya seperti kopi.

4. Biji Jintan.
Zat besi pada biji jintan baik untuk memperbaiki pencernaan. Minimal 10 persen lemak tubuh akan turun dalam waktu kurang lebih 1 bulan. Konsumsi biji jintan 1 sendok saja dalam sehari, bahkan jika dengan berolahraga turun 1 kilogram perhari tak akan susah kamu raih. Wah, ini bukan rahasia lagi loh teman.

5. Biji Fumayin / Biji Hemp / Hemp Seeds.
Biji ini dikenal oleh orang Indonesia sebagai makanan burung, banyak macam kandungan dalam biji fumayin seperti vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Biji Wijen.
Tahu kan, apa itu wijen. Iya, si pemanis jajanan kesukaan kamu, onde – onde. Khasiat biji wijen adalah untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah kolesterol berlebih.

7. Biji Buah Delima / Biji Pome.
Si canti buah delima, bijinya yang biasa termakan ini akan sangat baik untuk membantu diet kamu. Yaitu dengan kandungan serat yang tinggi dan tentunya rendah gula.

8. Biji Buah Anggur.
Jangan lagi kamu membuangnya ya, kandungan biji buah anggur ini akan sangat berguna untuk membantu proses diet kamu. Entah bagaimanapun cara kamu mengkonsumsinya, biji buah anggur ini sangat pas untuk kamu jadikan bubuk dulu ya.

9. Flaxseeds / Biji Rami.
Si bahan makanan yang luar biasa dan dapat membantu kamu mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan omega nya akan baik untuk pencernaan kamu.

10. Chia Seeds / Biji Chia / Biji Selasih.
Selain omega 3 kandungan karbohidrat dan protein terdapat pada biji selasih ini. Selain itu kandungannya yang mudah diserap tubuh.

11. Biji Apricot.
Selain mencegah kanker dengan kandungan B17 nya, dan baik untuk membantu kamu dalam proses diet sehat.

12. Biji Jagung.
Kandungan karbohidrat yang terdapat pada jagung juga sangat baik dan membuat kita kenyang tanpa kandungan gula yang berlebih seperti yang terdapat pada nasi. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus ya cantik.

13. Biji Kedelai.
Kandungan biji – bijian memang identic dengan antioksidan yang baik untuk tubuh, selain itu biji kedelai bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kepuasan mengunyah sehingga gigi kamu tak lagi gatal dan ingin makan ini itu karena dijamin akan melelahkan, hehe. Kandungannya dapat membantu kamu dala mengatur gula darah pada tubuh.

14. Biji Saw.
Biji sawi ini memiliki warna hitam yang mempengaruhi rasanya yang sedikit pahit. Biji ini memiliki khasiat untuk diet karena mengandung vitamin A. Kamu bisa menggunakan biji ini dengan cara membuatnya menjadi bubuk terlebih dahulu.

15. Biji Haver.
Biji ini bisa menjadi obat sakit perut, selain itu kandungan protein, lemak tak jenuh, karbohidrat akan baik untuk menjadi bahan makanan si pelaku diet.

Sobat Prima Konsumsi biji – bijian ini dengan cara merebus atau memanggangnya(gongseng), bukan dengan menggorengnya ya sobat Prima, karena jika biji-bijiannya di goreng akan membuat kandungannya berubah karena proses penggorengan dengan minyak.

Ntar jadi makan biji goreng dong hehehe….

Katanya diet, hehe…

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima ya, bagaimana menurut sobat Prima ?

Add a Comment