Benarkah Operasi Plastik Selalu Sebabkan Wajah Menjadi Bengkak? Simak yuk !

Primaberita.com – Tak sedikit orang yang memilih untuk mendapatkan bentuk tubuh sehat dan wajah cantik sesuai yang diinginkan melalui cara yang praktis, yakni proses operasi plastik. Memperbaiki bentuk wajah seperti yang diinginkan lewat operasi plastik biasanya memiliki beberapa efek samping, salah satunya bengkak pascatindakan.

Dengan waktu dan proses yang cukup singkat, operasi plastik memang begitu menggiurkan. Namun, sebelum melakukannya banyak hal yang harus Anda ketahui. Salah satunya, pembengkakan pasca operasi plastik. Setiap orang memiliki respons yang berbeda dari operasi plastik dan pembengkakan adalah salah satu hal yang normal.

Jangan dulu khawatir jika mengalami bengkak setelah menjalani operasi plastik. Seperti yang dikatakan oleh dr. Putri Halley Sari Hadi, B.Med.Sc.

Selaku manajer kasus untuk layanan Anti-Aging Surgery dari Bamed Skincare mengatakan, “Semua operasi, baik operasi bedah plastik atau bedah lainnya, secara normal melewati fase bengkak.”

Beberapa sumber mengatakan bahwa pembengkakan yang terjadi pasca operasi plastik biasanya berlangsung sekitar 24 sampai 72 jam untuk kemudian kembali normal. Namun, dr. Putri mengatakan, “Masa pemulihan setiap tubuh berbeda-beda.

Menurut dr Teuku Adifitrian, spesialis bedah plastik (SpBP), atau biasa akrab disapa dr Tompi, bengkak terjadi karena saat operasi dokter membuka jaringan, sehingga muncul kondisi tersebut. Namun, hal itu adalah hal yang wajar dan bengkak merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Proses bengkak itu pun tidak langsung terlihat pasca-operasi. “Misalnya Anda nih, saya kerjain operasi hidung, setelah pulang operasi itu belum kelihatan bengkaknya. Besok pagi bangun tidur, baru kelihatan bengkak,” kata Dr.Tompi.

Tompi menjelaskan, setelah pasien sudah tidur, kemudian cairan badan menumpuk, sehingga mulai terlihat bengkak di area sekitar operasi. Kondisi bengkak itu misalnya mata yang mulai mengecil atau tertutup. Dia melanjutkan, hari kedua dan ketiga bengkak tersebut kian parah. “Biasanya jokes pasien ke saya, hari kedua dan tiga, ‘aduh dok, saya bengkak nih kayak digebukin’.

Itu jokes-nya,” ucap Tompi. Kemudian hari keempat dan kelima, kondisi bengkak mulai turun. Karena itu, rata-rata pasien mulai kontrol pada hari tersebut. “Hari enam dan tujuh udah enggak terlalu menakutkan (wajahnya),” kata Tompi.

Karena itu, Tompi selalu mengingatkan ke pasiennya untuk tidak menilai operasi plastik hanya saat prosesnya, melainkan hasil akhir. “Biasanya bengkak akan hilang 3-4 minggu, setelah itu baru kelihatan (hasilnya),” ujar Tompi.

Tubuh juga akan melakukan proses healing dengan sendirinya.” Maka dari itu, penting bagi Anda untuk konsultasikan dan periksakan kondisi kesehatan Anda sebelum menjalani operasi plastik. “Sebelum melakukan tindakan bedah, baiknya periksa kesehatan dahulu baik fisik dan lab,” tambah dr. Putri. Ini adalah prosedur yang wajib dilakukan sebelum menjalani operasi plastik.

Add a Comment