Apa Saja Yang Bisa Digunakan Untuk Menambah Rasa Pada Makanan, Selain Garam?

Primaberita.com – Nah… Kebanyakan orang yang terlalu berlebihan menambahkan garam pada makanan agar rasanya enak dan lezat. Padahal, selain untuk menambah rasa, yang paling penting dan harus sekali diperhatikan adalah jumlah asupan garam agar yang tidak berlebihan dan agar tetap mendapatkan manfaat nutrisinya si garam tadi ya sobat Prima.

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa.

Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Dan menurut para ahli ni sobat Prima, yang juga sering dilakukan oleh para chef profesional, adalah mengganti si garam dengan menggunakan sejumlah alternatif untuk menambahkan rasa. Menurut mereka para chef profesional, banyak bahan yang bisa membuat makanan sama lezatnya seperti jika ditambahkan garam, tetapi lebih sehat.

Salah satunya adalah buah lemon! Ternyata, buah lemon yang terkenal asam ini dapat menambahkan rasa pada makanan, meskipun tidak menggunakan si garam. Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh bawang putih dan jahe, yang selain dapat memberikan rasa, juga menghasilkan aroma tajam yang akan meningkatkan kelezatan makanan.

Selain itu, banyak herba lain seperti rosemary, basil, sage, thyme, dan ketumbar, yang bisa dijadikan tambahan aromatik yang lezat pada makanan. Sementara rempah-rempah seperti kayu manis, pala, kapulaga, jinten, paprika, kunyit, dan cabe, akan menanamkan rasa pedas pada hidangan yang gurih dan manis.

Jika semua alternatif tersebut tidak juga membuat Anda merasa makanan menjadi enak meski tanpa garam, ini artinya sobat Prima sudah terbiasa dengan rasa asin yang tinggi dan menjadi kurang reseptif terhadap rasa lain. Solusinya, coba kurangi asupan garam pada makanan yang kita konsumsi secara perlahan tetapi pasti, yang sebenarnya hanya memerlukan waktu 10 hari untuk menyesuaikan selera sobat Prima tercinta nih ! hehehe….

Add a Comment