Lifestyle

Kesal Dengan Bau Sepatu? Ini Tips Untuk Menghilangkannya

Primaberita.com – Sepatu yang tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau sepatu akan sangat mengganggu kepercayaan diri anda, dan juga mengganggu orang-orang  disekitar anda.

Bau pada sepatu biasanya disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat kaki, dan  membuang kotoran yang memiliki bau yang kuat. Semakin banyak keringat yang keluar dari kaki, maka bakteri akan semakin berkembang biak.

Dalam beberapa kasus, ada bau sepatu yang tidak mau hilang walaupun sudah berulang kali di cuci.  Berikut saya berikan tips untuk menghilangkan bau sepatu dengan mudah :

1. Menggunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi dapat menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Caranya bungkus bubuk kopi dengan selembar tisu dan masukkan ke dalam sepatu. Diamkan hingga bau tidak sedap di serap oleh bubuk kopi.

2. Menggunakan Teh

Teh juga dapat menghilankan bau tidak sedap pada sepatu. Cukup letakkan sekantung teh, atau bisa juga teh dengan aroma melati, dan diamkan sampai bau tidak sedap pada sepatu menghilang.

3. Baking Soda

Baking soda tidak hanya di gunakan untuk bahan pembuatan kue. Sama seperti kopi dan teh, baking soda juga dapat menyerap bau pada sepatu. Cukup taburkan baking soda pada sepatu yang bau dan diamkan selama semalaman. lalu bersihkan baking soda dengan menggunakan sikat.

4. Bedak Bayi

Bedak bayi mampu menetralisir kuman yang ada pada sepatu bau. Sehingga bedak bayi sering digunakan untuk  menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Cukup taburkan bedak bayi kedalam sepatu sebelum dipakai.  Dan tidak perlu repot-repot membuang bedak bayi yang ada di dalam sepatu, kerana pada saat kamu memakai sepatu bedak bayi akan menempel ke kulit kaki.

5. Kertas Koran

Koran juga dapat menyerap bau. Cukup masukkan gumpalan koran ke dalam sepatu. Selain dapat mengusir bau gumpalan koran juga dapat menjaga bentuk sepatu itu sendiri.

Selain mengusir bau pada sepatu, kamu juga harus rajin merawat kebersihan kaki. Bau pada sepatu juga datang dari kaki yang tidak bersih.

Caranya rendam kaki dengan air garam, dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

Selain itu kamu juga harus rajin mengganti kaos kaki, dan pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap keringat. Usahakan jaga kondisi sepatu tetap dalam keadaan kering. Istirahatkan sepatu minimal 24 jam diantara sela pemakaian. Jangan gunakan sepatu dalam keadaan lembab atau basah.