Lima Bahan Alami Tanpa Efek Samping Yang Bisa Jadi Obat Migrain

Primaberita.com – Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang sangat mengganggu dimana nyeri denyutannya hanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Biasanya penderita migrain akan sangat sensitif terhadap cahaya, suara bising dan bau-bauan.

Migrain merupakan sakit kepala neurovaskular, yaitu dimana stimulasi saraf menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah. Penyebab migrain sendiri belum diketahui secara pasti. Salah satu faktor pasti penyebab migrain adalah faktor genetika.

Pemicu migrain sendiri biasanya karena kurang tidur, tidak makan, konsumsi makanan yang mengandung vetsin, aspartam ataupun kafein, dan merokok. Migrain biasanya berlangsung selama 4 sampai 72 jam.

Meminum obat adalah salah satu cara mengatasi migrain. Namun obat migrain biasanya bukan untuk menyembuhkan melainkan untuk menghilangkan rasa sakit dan hanya bersifat  sementara. Selain itu konsumsi obat dalam jangka panjang juga akan berakibat buruk bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan.

Bahkan dokter menyarankan untuk menahan rasa sakit tersebut daripada mengkonsumsi obat. Namun jika rasa sakit tidak tertahankan kamu dapat mengobatinya dengan cara yang lebih aman yaitu dengan obat alami. Obat alami tidak akan menimbulkan efek samping dan cenderung aman. Berikut daftar obat alami yang dapat menyembuhkan migrain :

1. Jahe

Penelitian yang dilakukan oleh Phutotherapy Research pada tahun 2013 menyebutkan bahwa jahe dapat dijadikan obat alami migrain. Efek dari jahe sama seperti obat NSAIDS atau pereda nyeri. Dan tentu saja aman selama dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Cara mengkonsumsinya adalah dapat dibuat wedang jahe, atau kamu juga bisa memakannya langsung, kupas kulit jahe dan cuci hingga bersih kemudian kunyah jahe yang sudah kamu bersihkan, hal ini dapat menangani rasa nyeri akibat migrain.

2. Es Batu

Migrain dapat terjadi karena stres ataupun tegang. Caranya cukup mudah untuk menggunakan es batu sebagai obat alami migrain yaitu, bungkus es batu dengan kain dan tempelkan ke bagian kepala yang terkena migrain. Lakukan hal ini selama 10-15 menit.

3. Air Jeruk

Air jeruk hangat juga dapat meredakan nyeri akibat migrain. Selain itu kandungan vitamin C pada jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Apel Hijau

Apel hijau diketahui bermanfaat untuk mengobati migrain. Selain itu bau apel hijau juga berpengaruh untuk menyembuhkan migrain.

5. Hidroterapi

Hidroterapi adalah sebuah teknik menyembuhkan migrain dengan media air. Caranya adalah rendam kaki dengan air dingin dan gunakan kain hangat untuk mengompres leher. Hal ini akan membantu melancarkan aliran peredaran darah dari kepala ke kaki.

Add a Comment