Sering Mabuk Perjalanan? Ikuti Tips Berikut Untuk Menghindarinya

Primaberita.com –  Mabuk perjalanan atau motion sickness adalah terganggunya sistem keseimbangan di telinga bagian dalam. Sehingga merangsang produksi zat histamin sehingga menimbulkan reaksi pusing, mual, dan muntah.

Sebagian orang malas untuk berpergian jauh karena sering mengalami mabuk perjalanan. Tentu itu sangat mengganggu selain menghambat perjalanan, kondisi tubuh menjadi tidak prima lagi saat berpergian. Agar tubuh selalu prima saat berpergian jauh dan tidak mengalami mabuk perjalanan ikuti tips di bawah ini :

1. Jika Berpergian Menggunakan Bus Atau Mobil Usahakan Duduk Paling Depan

Para peneliti mengatakan bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh ketidaksesuaian apa yang dilihat mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerakan kendaraan. Untuk itu duduk di bagian paling depan adalah solusinya. Karena fokus mata berada di jalan yang anda lihat di kursi depan, dan membuat mata dan tubuh akan menginterpretasikan informasi yang sama.

2. Konsumsi Jahe 1 Jam Sebelum Perjalanan

Hal ini akan mencegaqh timbulnya rasa mual pada perut dan membantu pencernaan menjadi lancar.

3.Jangan Biarkan Perut Kosong Dan Jangan Makan Berlebihan

Isi perut sebelum melakukan perjalanan, usahakan konsumsi makanan yang berserat. Jangan konsumsi makanan yang berminyak atau berlemak karena ini akan menimbulkan gejala mabuk perjalanan.

4. Rileks

Buat dirimu senyaman mungkin ketika dalam perjalanan, usahakan tidur atau dengarkan musik yang kamu sukai. Bisa juga alihkan fokus dengan mengobrol topik-topik yang seru.

5. Jangan Melihat Ke Arah Berlawanan

Usahakan fokus pandangan ke depan , jangan melihat ke arah berlawanan dan bagian samping karena akan mengganggu mata dan juga sistem saraf.

6. Hindari Rokok Dan Alkohol

Minuman beralkohol dan rokok akan memicu rasa mual, pusing dan muntah.

7. Minum Obat Anti Mabuk

Usahakan untuk minum obat anti mabuk satu jam sebelum perjalanan, agar dapat bereaksi secara sempurna.

 

Add a Comment