10 Daftar Bahan Jilbab Yang Tengah Populer Saat Ini

Primaberita.com –  Jilbab menjadi fashion item yang sangat berkembang belakangan ini. Beragam produk jilbab juga mulai bermunculan. Selain itu memakai jilbab merupakan kewajiban bagi para muslimah. Dan Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Maka tak heran jika busana muslim khususnya jilbab berkembang pesat, mulai dari bahan, motif dan model.

Dalam membeli jilbab kamu juga harus memperhatikan beberapa faktor, seperti bahan, motif dan lain-lain agar kamu selalu merasa nyaman saat menggunakannya. Jika kamu belanja dengan mendatangi langsung tokonya kamu akan lebih mudah untuk memilih, namun lain halnya dengan belanja online. Kamu hanya bisa melihat gambarnya dan membaca review dari para pembeli. Untuk itu ada baiknya sebelum membeli jilbab secara online kamu perhatikan deskripsi barangnya seperti bahan dan ukuran agar kamu tidak kecewa saat barang pesananmu datang. Berikut ulasan beberapa bahan jilbab yang tengah populer saat ini.

1. Bubble Crepe

Bubble crepe merupakan salah satu kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Sifat kainnya agak melar, ringan dan jatuh. Jilbab jenis ini tidak mudah kusut dan sangat mudah di setrika. Jilbab ini juga tergolong agak tipis akan tetapi tidak menerawang.

2. Organdi

Sebenarnya organdi dibuat dengan cara yang hampir sama dengan organza. Namun organdi lebih sering dibuat  dengan serat kapas. Organdi berbahan tipis, halus , transparan dan mudah kusut. Dan sebaiknya gunakan inner pada saat memakai jilbab dengan bahan ini, agar tidak memperlihatkan rambut dan leher karena organdi sangat menerawang.

3. Organza

Jika organdi dibuat dari serat kapas, maka organza terbuat dari serat sutra. Bahan organza juga kaku, tipis, lembut, transparan, berkilau dan tahan lama. Bahan ini juga tidak panas bila dipakai dan tidak mudah kusut. Warnanya yang mengkilap memberikan kesan glamor sehingga cocok untuk digunakan pada acara formal atau pesta.

4. Satin


Satin adalah jenis kain yang di tenun dengan teknik serat filamen sehingga memiliki permukaan yang mengkilap dan licin sementara bagian dalamnya tidak licin. Jilbab dengan kain satin memberikan efek anggun, classy dan elegan, bahkan saat menggunakan jilbab dengan bahan satin kamu tidak perlu menggunakan aksesoris. Biasanya dalam online shop, deskripsi barang menggunakan kata max mara. Max mara sebenarnya termasuk jenis kain satin.

5.Chiffon

Kain chiffon ditenun dengan menggunakan metode balanced plain weave. Dibuat dari bahan dasar kapas, sutra dan serat sintesis. Kain chiffon tipis, agak menerawang, licin dan berserat halus. Jika digunakan kain chiffon akan memberikan kesan jatuh sehingga akan terlihat cantik. Akan tetapi jangan gunakan jilbab dengan kain chiffon jika cuaca sedang panas, karena kain chiffon tidak menyerap keringat dan akan membuatmu semakin gerah.

6. Hycon


Hycon merupakan turunan dari kain chiffon. Akan tetapi hycon sedikit lebih tebal dari chiffon. Kain ini terbuat dari polyester dan memiliki serat kain yang lebih rapat, lembut dan halus.

7. Ceruti


Ceruti juga merupakan turunan dari chiffon. Akan tetapi ceruti lebih mudah dibentuk dan lebih lembut. Permukaan ceruti menyerupai kulit jeruk namun halus. Bahan ini juga tidak panas sewaktu di pakai.

8. Jersey


Jersey merupakan jenis tekstil rajutan dan terbuat dari katun. Sifat jersey adem, ringan dan breatheable membuat bahan ini sangat nyaman saat dikenakan.

9. Katun

Bahan katun terbuat dari kapas alami,bahan ini juga dingin, nyaman dan mampu menyerap keringat.  Ada berbagai jenis katun yang digunakan untuk jilbab seperti katun voile, katun ima, katun supernova, dan lain-lain.

10. Wolfis

Wolfis terbuat dari campuran katun, sutera dan serat sintesis. Bahan ini juga tidak tembus pandang dan ringan. Karakteristinya adem, halus, ringan dan tidak transparan. Kain ini termasuk jenis kain chiffon tetapi tidak melalui proses lining.

Add a Comment