Cara Mencegah Terjadinya Karies Gigi Pada Anak-Anak

Primaberita.com –  Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus ditekankan sejak dini. Gigi merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan yang bertugas sebagai penghalus makanan. Jika proses gigi dalam menghaluskan makanan baik, maka akan memudahkan lambung untuk memproses makanan pula dengan menyerap nutrisi secara optimal. Salah satu permasalahan yang sering muncul pada gigi adalah karies gigi.  Karies gigi umumnya terjadi pada anak-anak, dan tidak sedikit orang dewasa yang mengalami masalah ini.

Karies gigi atau gigi berlubang merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yang  ditandai oleh rusaknya email dan dentin disebabkan oleh aktivitas metabolisme  bakteri dalam plak yang menyebabkan terjadinya demineralisasi gigi.

Karies gigi disebabkan oleh aksi asam pada permukaan email. Asam ini diproduksi saat gula dalam makanan atau minuman bereaksi dengan bakteri yang ada di biofilm gigi (plak) pada permukaan gigi. Asam yang dihasilkan menyebabkan hilangnya kalsium dan fosfat pada enamel.

Salah satu cara untuk mencegah karies gigi pada anak-anak adalah dengan cara mengajarkan anak-anak untuk rajin menyikat gigi dua kali sehari. Selain itu juga ajarkan teknik menyikat gigi yang benar.

Untuk bayi yang berusia kurang dari satu tahun, setelah giginya tumbuh maka bersihkan gigi dengan kain kasa setelah makan. Lilitkan kain kasa yang diberi air pada ujung jari telunjuk dan bersihkan gigi bayi setelah makan, lakukan dengan lembut. Selain itu area gusi yang belum di tumbuhi gigi juga harus kamu bersihkan.

Untuk anak usia 1-3 tahun kamu dapat mulai mengajarkan sikat gigi yang benar. Jika dia belum pandai berkumur dan meludah maka kamu dapat menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung flouride yang aman jika tertelan. Dan jangan biasakan anak tertidur sambil minum susu atau minuman manis lainnya dari botol dot. Karena hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan rahang dan gigi anak.

Add a Comment