5 Hal Yang Dapat Kamu Lakukan Agar Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas

Primaberita.com

Tubuh membutuhkan istirahat setelah beraktivitas seharian. Solusi yang tepat untuk itu adalah tidur yang berkualitas di malam hari. Tidur yang berkualitas ditandai dengan tidur yang nyenyak dan dalam waktu yang cukup.

Tidur yang berkualitas akan mempengaruhi aktivitas keesokan harinya.Jika tidur anda nyenyak maka anda akan lebih bersemangat untuk beraktivitas keesokan harinya.Tidur yang tidak nyenyak biasanya ditandai dengan sering terbangunnya pada tengah malam atau susah untuk bisa tidur pada malam hari.

Selain itu, tidur yang nyenyak juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membuang berbagai racun  di dalamnya dan membuat banyak sistem tubuh beristirahat. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan agar dapat tidur dengan nyenyak.

1. Jauhi Gadget

Jangan tidur dengan posisi ponsel dekat dengan tubuh, seberapapun anda bergantung dengan ponsel tersebut  setiap hari. Dengan menjauhkan ponsel dari tubuh, kita pun akan terbebas dari radiasi blue screen dari  berbagai gadget elektronik yang berpotensi menyerang siklus tidur sehingga tidurpun bisa dilakukan dengan  jauh lebih nyenyak dan berkualitas.

Selain itu, menurut National Sleep Foundation pada tahun 2011, sekitar 10 persen anak-anak berusia 13–18  tahun terbangun setiap malam untuk melihat pesan pesan yang masuk.

2. Baca Buku

Jika anda masih kesulitan untuk memejamkan mata pada malam hari maka membacalah.  Biasanya orang akan mudah mengantuk ketika membaca buku, apalagi dalam keadaan sepi dan malam hari. Jika sudah mulai mengantuk, teruskan saja membaca hingga kamu benar-benar tertidur.

3. Meditasi

Sebagian orang memilih meditasi untuk mengatasi susah tidur. Meditasi memberikan efek ketenangan dan menjernihkan pikiran. Sehingga akan memberikan efek rileks pada tubuh kamu dan kamu akan merasa mengantuk.Tidur akan lebih mudah didapatkan dengan pikiran yang tenang. Duduk santai, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan sambil memejamkan mata.

4. Jangan Konsumsi Kafein

Kafein yang dikonsumsi enam jam sebelum tidur mengakibatkan kualitas dan kuantitas tidur berkurang secara signifikan.

5. Jangan Konsumsi Alkohol Dan Nikotin

Alkohol dapat mengurangi REM (rapid eye movement), atau tidur nyenyak. Sementara, nikotin menstimulasi otak dan tubuh, yang membuat Anda lebih sulit untuk terlelap. Untuk istirahat malam yang baik, berhentilah konsumsi minuman beralkohol dan merokok

 

Add a Comment