Gunung Agung Kembali Meletus Pasca Diturunkan Statusnya dari Awas Ke Siaga

Primaberita.com –  Pasca penurunan status dari awas menjadi siaga, Gunung Agung kembali meletus selasa (13/2/2018) pukul 11.53 Wita dengan tinggi kolom asap dan abu mencapai 1500 meter diatas puncak.

“Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG di Rendang melaporkan asap kawah bertekanan  sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 1.500 meter  di atas puncak kawah, condong ke timur – timur laut,” Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Erupsi berlangsung selama 140 detik dan tidak ada erupsi susulan. Tidak ada dampak terhadap penerbangan akibat erupsi ini, semua aktivitas tetap berjalan normal.

Sebanyak 15445 jiwa masih berada di lokasi pengungsian. Alasan warga masih bertahan  di pengungsian karena takut gunung agung akan meletus lagi,dan kerusakan jembatan.

Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas di zona perkiraan bahaya. Dan masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di gunung agung diharapkan waspada ancaman aliran lahar dari puncak gunung agung.

 

Add a Comment