Teknologi

Peringatan Ke-25 tahun Sebagai Bunga Nasional, Rafflesia Arnoldi Menjadi Tema Google Doodle Hari Ini

Primaberita.com –  Hari ini, selasa (9/1/2018) tema google doodle menampilkan bunga Rafflesia Arnoldi atau Padma Raksasa, yang bergerak dan mengeluarkan asap berwarna hijau.

Ternyata hari ini merupakan peringatan ke- 25 tahun ditetapkannya bunga Rafflesia Arnoldi sebagai bunga nasional, bersamaan dengan dua bunga lainnya yaitu Melati dan Anggrek . Penetapan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 dan di teken oleh Presiden Soeharto.

Bunga ini ditemukan pertama kali di hutan tropis dekat sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan  pada tahun 1818 oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Oleh karena itu bunga ini diberi nama gabungan dari Thomas Stamford Raffles dan Dr. Joseph Arnoldi.

Dikutip dari wikipedia, Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan parasit obligat dan berukuran sangat besar, tumbuh ini  merambat dan tidak berdaun sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis. Ketika mekar bunga ini memiliki diameter mencapai 1 meter dan berat 11 kilogram. Bunga ini juga mengeluarkan bau seperti bangkai karenanya disebut juga sebagai bunga bangkai.

Masa pertumbuhan rafflesia arnoldi sangatlah lama bisa mencapai 6 bulan, dan usia bunganya sangat singkat hanya 5 sampai 7 hari, setelah itu bunga akan layu dan mati.

Tumbuhan ini dapat ditemukan didaerah Bengkulu dan sekitaran Sumatera. Dan saat ini taman Nasional Kerinci Seblat dijadikan sebagai balai konservasi bagi Rafflesia Arnoldi. Tumbuhan ini tidak dapat dibudidayakan dan sudah mendapat status terancam punah.