Kuliner Travel

Ini Sejarah Macaron Kue Mungil Yang Berwarna-Warni

Primaberita.com –  Macaron kue mungil berawarna pastel biasanya terbuat dari tepung, gula dan putih telur. Kata macaron sendri berasal dari bahasa italia yang berarti adonan halus.

Kue ini lahir di italia yang diperkenalkan oleh chef Catherine de Medicis pada tahun 1533 pada saat momen pernikahannya dengan Duc d’Orleans yang menjadi raja pranci tahun 1547 sebagai Henry II.

Pada awalnya kue macaron masih sangat sederhana hanya dibuat dari bubuk almond, gula dan putih telur. Di negara Prancis macaron punya legenda tersendiri, seperti di Nancy cucu perempuan Catherine de Medici yang terselamatkan dari kelaparan berkat memakan macaron.

Pada tahun 1660 Di Saint-Jean-de-Luz chef adam menyajikan macaron di pesta pernikahan Louis XIV dan Marie-Therese. tahun 1972 pada saat revolusi prancis dua orang biarawati membuat macaroon untuk dijual dan bertahan hidup, yang kemudian dikenal dengan “Macaron Sisters”.

Di awal abad ke-20 terjadilah revolusi macaron, Pierre Desfontanines, cucu laki-laki dari Louis Ernest Laduree menginovasi macaron dengan mengisi macaron dengan lapisan coklat kemudian menggabungkannya.