Di Sepanjang Januari 2018, Supermoon Akan Hadir Dua Kali

Primaberita.com – Di awal tahun 2018, fenomena alam akan kembali terjadi. Fenomena alam yang akan terjadi adalah Supermoon. Bahkan di Indonesia sendiri Supermoon bisa dilihat sebanyak dua kali fase purnama.

Fase pertama terjadi di awal tahun pada 2 Januari 2018. Sementara fase purnama berikutnya terjadi di 30 dan 31 Januari 2018. Kedua supermoon tersebut merupakan bagian dari supermoon yang dimulai tanggal 3 Desember 2017 lalu.

Di tanggal 2 hari ini fenomena Supermoon ini mulai bisa dilihat pada pukul 04:48 WIB. Akan tetapi sayangnya fase puncak Supermoon ini tak dapat dilihat karena bulan sudah terbenam di wilayah Indonesia. Sementara puncak purnama terjadi lima jam berikutnya pada pukul 09:24 WIB.

Sementara itu bulan purnama terakhir Januari juga dikenal sebagai blue moon, karena merupakan bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan. Menurut ilmuwan waktu terbaik untuk melihat supermoon adalah ketika bulan terbit dan sebelum matahari terbit, ketika bulan tampak berada di cakrawala.

Karena dengan demikian membuat bulan akan terlihat lebih besar dibanding benda-benda lain-lain yang tampak pada malam hari, seperti bangunan dan pohon-pohon. Beruntung puncak fase purnama Supermoon ini dapat dilihat di malam hari. Puncak Supermoon ini terjadi pada 31 Januari 2018 pukul 20:26 WIB.

Add a Comment