Travel

Desa Ini Menjadi Desa Terdingin Di Dunia

Primaberita.com –  Desa Oymyakon,desa terpencil di Siberia, Rusia merupakan desa terdingin di dunia. Suhunya pernah mencapai -50 derajat celcius bahkan pada tahun 1924 suhu di desa itu pernah mencapai -71,2 derajat celcius.

Desa ini memiliki penduduk sebanyak 500 orang. Pada awalnya desa ini hanyalah desa persinggahan bagi penggembala rusa untuk memberi ternaknya minum dari mata air panas yang ada disana. Namun kemudian pemerintah Uni Soviet membuat program untuk membuat suku- suku tersebut menetap di desa ini, agar mudah untuk diawasi dan bisa berkembang budaya dan teknologinya.

Penduduk di desa ini sehari-harinya mengenakan pakaian tebal disebabkan udara yang sangat dingin. Makanan penduduk disini adalah daging, karena tidak ada tumbuhan yang dapat bertahan hidup disini.  Untuk mengahangatkan rumah penduduk desa ini masih memanfaatkan batu bara dan kayu. Pekerjaan sehari-hari warga disana  adalah sebagai penggembala rusa, pemancing es dan pemburu.

Mobil selalu dinyalakan di desa ini karena dikhawatirkan mesin akan membeku dan tidak bisa dinyalakan lagi. Alat komunikasi seperti handphone tidak akan bisa berfungsi saat suhu mencapai titik ekstrim. Desa ini akan mencapai titik terhangatnya yaitu sekitar 30 derajat celcius pada bulan Juni hingga Agustus.

Untuk menuju ke desa ini kamu dapat mengendarai mobil dari Yakust sekitar dua hari perjalanan.