Nasional Travel

Anies Ingin Becak Kembali Beroperasi, Ini Nasehat Dari Mantan Gubernur DKI Jakarta

Primaberita.com – Wacana mengembalikan becak sebagai alat transportasi oleh Guber DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kritikan dan nasehat dari mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2002 dan 2002-2007 Sutiyoso.

Menurut Sutiyoso, Anies harus mengkaji ulang keinginan nya memperbolehkan becak kembali beroperasi di Jakarta. Berdasarkan pengalamannya memimpin Jakarta dua periode, Sutiyoso mengatakan beroperasinya becak hanya akan menimbulkan persoalan baru.

Sekedar informasi, dimasa kepemimpinan nya dulu Sutiyoso juga pernah mengizinkan becak beroperasi setelah sempat dilarang oleh Gubernur DKI sebelumnya, Soerjadi Soedirdja. Namun pada akhir nya, Sutiyoso kemudian memutuskan kembali mencabut operasi kendaraan roda tiga itu.

“Dari pengalaman kami sebelumnya, saran saya kepada Gubernur agar dipertimbangkan lagi, lah. Solusinya, becak saya perbolehkan beroperasi di kampung-kampung, persis seperti rencana kebijakan Pak Anies. Tapi akhirnya saya hentikan lagi.” beber Sutiyoso.

Lebih jauh Sutiyoso mengkhawatirkan munculnya tukang becak akan berpotensi memicu gesekan baru dengan pengemudi angkutan lain seperti dengan pengemudi ojek pangkalan, ojek online, hingga bemo.