Ternyata proses Penuaan Pada Kulit Dimulai Sejak Usia 25 Tahun

Primaberita.com –  Banyak yang mengira bahwa proses penuaan pada kulit terjadi mulai usia 30 atau 40 tahun. Perkiraan tersebut adalah hal yang salah. Sebenarnya proses penuaan kulit terjadi mulai usia 25 tahun.

Seperti yang diungkapkan oleh dermatolog, dr. Sari Chairunnisa, SpKK, perawatan wajah dengan penggunaan produk yang tepat sebagai pelindung terhadap agresi kulit sangatlah penting.

“Kulit, pada umumnya, akan mulai menua pada usia 25 tahun,” ujar dr Sari .

Proses penuaan kulit terjadi dalam 3 tahapan :

1. Tahap Pertama

Proses penuaan terjadi pada sel tubuh. Pada tahapan ini banyak sel yang mati dan mulai lambat dalam menggantikan sel yang rusak.

2. Tahap Kedua

Pada tahapan ini sel-sel tubuh banyak yang menua. Kerja otot mulai berkurang dan begitu juga dengan hormon tubuh. Selain itu pada tahapan ini lemak dalam tubuh bertambah.

3. Tahap Ketiga

Pada tahapan inilah dapat dilihat efek penuaan kulit. Sel tubuh sudah sangat menua sehingga tidak lagi dapat menyerap zat gizi dan menyembuhkan luka dengan cepat. pada tahapan ini kulit sudah keriput, rambut memutih dan tulang juga mulai rapuh.

Namun penuaan pada kulit dapat diperlambat dengan cara, konsumsi makanan yang sehat, rajin berolahraga, berpikiran positif dan jangan mudah stress. Selain itu menggunakan anti-aging juga dapat memperlambat penuaan.

Add a Comment