Fasilitas Khusus Sepeda Diharapkan ada di Semua Gedung Swasta

PrimaBerita – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengatakan para pemilik gedung swasta di Jakarta diharapkan menyediakan fasilitas khusus untuk sepeda. Hal ini diungkapkan Anies usai Upacara Hari Perhubungan Nasional yang dilaksanakan di Monas, Jakarta

“Gedung-gedung milik swasta, diharapkan membangun tempat parkir sepeda lebih banyak. Dengan begitu memudahkan warga menggunakan sepeda,” kata Anies.

Keinginan ini berkaitan dengan rencana Anies yang hendak mendorong masyarakat menggunakan sepeda tak hanya untuk berolahraga saja, melainkan juga sebagai alat transportasi. Diharapkan masyarakat bisa menggunakan sepeda khususnya untuk transportasi jarak dekat.

“Sepeda bukan saja dipandang sebagai alat olahraga, tetapi juga alat transportasi yang punya implikasi berolahraga. Tetap sebagai alat transportasi (jarak) yang dekat,” jelas dia.

Jalur Khusus Sepeda

Dia menjelaskan, sekarang ini sedang dibangun lebih banyak jalur khusus sepeda di Jakarta. Anies juga menganjurkan kepada gedung-gedung perkantoran untuk menyediakan fasilitas khusus sepeda seperti parkiran khusus sepeda, serta tempat untuk mandi.

“Tapi bagi pegawai umumnya, tidak ada fasilitas yang cukup. Karena itu kita harus dorong banyak yang punya tempat parkir dan kamar mandi jadi siapa saja bisa naik sepeda,” ujarnya.

Namun, untuk hal ini didorong menjadi instruksi gubernur, Anies Baswedan mengaku akan lebih mendalaminya dulu.

“Tidak lama lagi kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti di Jakarta lebih banyak lagi menggunakan sepeda,” ujar Anies.

Baca juga: Protes Jokowi Mania Atas Sampul Majalah Tempo Edisi 16-22 September

Add a Comment