PrimaBerita РPerwakilan tokoh Papua, Abisai Rollo, mengaku tak mengenal sosok Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua, Benny Wenda. Karenanya ia membantah jika masyarakat Papua sejalan dengan keinginan Benny yakni merdeka dari Indonesia.

“Saya asli Kota Jayapura, dan kita Indonesia. Kita NKRI harga mati. Untuk sosok Benny Wenda, saya sendiri tidak pernah mengenal beliau,” ujar Abisai usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Tak Punya Hak

Abisai juga menegaskan Benny tak punya hak untuk mengatur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan tanah Papua. Sebab Papua merupakan bagian dari wilayah Indonesia.

“Sehingga beliau tidak punya hak untuk mengatur NKRI dan tidak punya hak untuk mengatur tanah Papua. Karena tanah Papua bagian dari NKRI,” kata dia.

Menurut Abisai, ia sempat menyampaikan kepada Jokowi bahwa di seluruh wilayah Papua tak ada bendera lain, selain bendera Merah Putih. Bendera tersebut, dikibarkan dari pantai sampai wilayah pegunungan di Bumi Cenderawasih.

“Bendera Merah Putih itu dikibarkan dari ombak putih-putih sampai gunung biru biru. Tidak ada bendera yang lain. Hanya satu bendera, bendera sang saka Merah Putih,” jelas dia.

Abisai hadir bersama 60 orang perwakilan tokoh Papua dan Papua Barat untuk bertemu Jokowi. Mewakili rombongan, Abisai menyampaikan 10 tuntutan langsung ke Jokowi.

Baca juga: Permintaan Tokoh Papua Dikabulkan Presiden Jokowi