PrimaBerita – Sebagian besar orang menganggap penampilan adalah kunci kepercayaan diri. Tak jarang mereka menaruh perhatian khusus untuk merawat kulit. Warna kulit tidak merata atau flek hitam pada wajah disebabkan oleh banyak faktor. Problem kulit yang memiliki istilah medis melasma atau hiperpigmentasi ini beragam penyebabnya.

Jika sudah telanjur memiliki problem warna kulit tidak merata, bukan perkara mudah untuk mengatasinya. Simaklah 6 tips merawat dan mencegah warna kulit tidak merata.

Berolahraga

Olahraga memiliki efek baik bagi seluruh organ tubuh, tak terkecuali kulit. Dermatolog Ellen Marmur menyatakan olahraga memang tak berkerja langsung menyingkirkan bahaya radikal bebas pada kulit. “Dengan melancarkan sirkulasi darah, olahraga membantu pembuangan sisa sel kulit mati,” ujar Marmur.

Olahraga membantu mengatasi pigmentasi dengan mengikis sel kulit mati. Dengan merawat diri dari luar dan dalam akan mengoptimalkan kesehatan serta kecantikan kulit. Tetap jaga asupan makan, rutin berolahraga, dan menggunakan produk perawatan agar terhindar dari warna kulit yang tidak merata. 

Jaga kelembapan kulit

Kelembapan selalu menjadi jurus untuk memiliki kulit sehat. Untuk menjaga kelembapan kulit, baiknya rajin menggunakan pelembap serta cleanser yang menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Selain itu, tak hanya menghidrasi tubuh, perbanyak minum air putih juga melembapkan kulit.

“Sinar matahari secara kronis menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit, sehingga orang yang sering terpapar sinar matahari perlu melembapkan kulit,” ujar dermatolog dari Australasian College of Dermatologists (ACD) John Frew.

Baca juga: Lakukan Hal Ini! Stress Hilang Hanya Dalam 5 Menit