PrimaBerita – Rutin membaca tak hanya akan membuat seseorang lebih ‘pintar’, namun juga lebih bahagia dan panjang umur. Tak hanya menjadi ‘jendela dunia’ dan pembuka wawasan, kesenangan untuk membaca juga berkaitan erat dengan kesehatan. 

Berikut sejumlah manfaat positif yang akan Anda rasakan bila kegemaran membaca terus dilestarikan.

Melatih otak

Senam otak tak hanya bisa dilakukan dengan mengisi teka-teki silang. Membaca buku juga membuat otak Anda berpikir. Studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Brain Connectivity melaporkan orang yang gemar membaca, terutama buku fiksi, mengalami peningkatan konektivitas di otak mereka. Sehingga meningkatkan kemampuan berpikir otak Anda. 

IQ bertambah

Sebuah studi melakukan penelitian yang melibatkan hampir 2.000 pasang anak kembar identik di Inggris. Para peneliti ingin melihat laju perkembangan kognitif tiap anak dengan cara membandingkan keterampilan membaca dari keduanya. Hasil yang didapat, si kembar dengan keterampilan membaca yang baik mendapat skor kognitif tertinggi ketimbang saudaranya yang tak memiliki kegemaran membaca.

Kurangi stres

Membaca ternyata memiliki efek menyenangkan yang sama dengan beryoga. Peneliti Inggris di University of Sussex menemukan, membaca enam menit sehari lebih ampuh untuk menurunkan tingkat stres ketimbang jalan-jalan atau sekadar nongkrong di kedai kopi. Kecuali, Anda pergi ke kedai kopi untuk membaca, manfaatnya jelas menjadi berlipat.

Baca juga: Tren Menyewa Pakaian Solusi Mengurangi Limbah Pakaian