PrimaBerita – Lembaga keselamatan Amerika Serikat (AS), National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) berencana menguji fungsionalitas mobil dengan perangkat kamera sebagai pengganti kaca spion samping model konvensional.

Spion

Fitur ini akan membantu pengendara melakukan pindah jalur dengan lebih mudah dan lebih aman. Dengan teknologi ini, kendaraan akan membuat pengemudinya memiliki pandangan yang lebih jelas tentang area kendaraan di sekitarnya.

Kamera mengirimkan gambar ke monitor layar 5 inci yang terletak di dalam kabin di dasar pilar depan. Kelebihan lain, memiliki lebih dari rekan-rekan konvensional mereka adalah bahwa mereka dibentuk untuk menahan akumulasi hujan dan salju, meninggalkan pandangan pengemudi tidak terpengaruh.

Fokus NTHSA dalam pengujian ini mencari tahu prilaku pengemudi saat menggunakan cermin dan kamera dalam proses berpindah jalur, hingga sejauh mana sistem visibilitas berbasis kamera membantu pengemudi mengantisipasi lokasi sekitar kendaraan.

Untuk diketahui terdapat kamera di bagian luar mobil yang tersambung dengan layar di interior mobil ini berfungsi memantau bagian belakang dan daerah kiri dan kanan mobil. Posisi kamera itu sendiri sesuai kebutuhan, namun umumnya menggantikan posisi kaca spion luar.

Baca juga: Crown 2.5 HV G-Executive, Mobil Dinas Baru Menteri. Bagaimana Nasib Mobil Dinas Lama ??