PrimaBerita – Siapa sih yang gak tahu tentang pesona keindahan air terjun yang ada di Provinsi Sumatera Utara? Mulai dari Danau Toba hingga wisata Air Terjun Si Piso-Piso. Masih banyak lagi wisata alam yang belum banyak diketahui orang di provinsi ini? 

Berikut air terjun tersembunyi di Sumatera Utara yang pasti bikin kamu terpesona.

Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan ini letaknya di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Tepatnya berada di dalam areal perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduhan dan berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Pematang Siantar. Butuh waktu sekitar 4 jam-an dari kota Medan untuk sampai ke air terjun.  

Air Terjun Limbong

Lokasinya gak jauh dari Danau Toba.Tepatnya lokasinya ada di desa Limbong, Kec.Sianjur Mula-mula, Kab.Samosir. Tapi memang air terjun ini belum banyak diketahui banyak orang seperti Air Terjun Efrata. Soalnya akses jalan menuju air terjun ini belum jelas.

Air Terjun Simempar

Wisata alam ini letaknya di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Sedang Sumatera Utara. Butuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan ke daerah ini. Dan untuk mencapai puncak air terjun ini, kamu harus berjalan lagi menyelusuri hutan 1 hingga dua jam-an. Sebab jalanan yang harus kamu lewati lumayan terjal. Kondisi air yang masih segar dan jernih akan mebuat kamu tak sabar untuk menikmatinya.

Air Terjun Sitapigagan

Lokasinya masih di Pulau Samosir, tepatnya Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur Mulamula yang berjarak sekitar 25 km dari Pangururan, Samosir. Ada dua cara untuk bisa sampai ke air terjun indah ini. Pertama, menggunakan kapal laut menyebrangi danau. Kedua, menggunakan sepeda motor melalui jalan darat.

Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman ini lokasinya berada di Desa Garunggang Kabupaten langkat. Butuh waktu 2 sampai 3 jam dari Kota Medan untuk menemukan air terjun ini. Penamaan air terjun ini berdasarkan fenomena air terjun yang misterius, tiba-tiba debit airnya deras dan terkadang kering.

Air Terjun Pande Namura

Terakhir ada Air Terjun Pande Namura yang berada di Desa Kutarayat, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo. Walaupun tak setenar Air Terjun Dwi Warna, tapi keindahan air terjun ini tidak kalah eksotisnya.

Air Terjun Widuri

Selanjutnya ada Air Terjun Widuri yang lokasinya berada di Desa Pabatu II Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Untuk bisa ke lokasi air terjun ini, butuh 2 jam perjalanan dari Kota Medan. Gak kalah keren kan dari Air Terjun Si Piso-Piso yang sudah terkenal itu.