PrimaBerita – Mengonsumsi obat-obatan merupakan salah satu ritual wajib bagi sebagian orang ketika sedang sakit.

Bahkan beberapa orang terpaksa melakukan aktivitas tersebut secara rutin karena faktor kesehatan atau anjuran dari dokter. Walau demikian, tidak semua orang bisa mengonsumsi obat secara sembarangan. 

Berikut ini beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari ketika mengonsumsi obat-obatan:

Teh

Banyak orang yang menganggap teh adalah minuman yang cocok untuk diminum dalam kondisi apa pun. Tak sedikit juga orang yang menggunakan teh sebagai ‘penawar’ setelah minum obat.

Menurut dokter spesialis gizi dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr. Inge Permadhi, SpGK, teh memiliki kandungan tein dan fitat dengan fungsi yang berbeda.

Tein dalam teh berfungsi untuk memberikan efek segar dan antioksidan. Adapun fitat berfungsi untuk menghambat mineral, terutama kalisum, zat besi, magnesium, dan zinc. Semakin pekat teh, maka semakin banyak zat fitat yang ada dalam teh. Karena kandungan itu, menurut Inge, meminum teh secara bersamaan dengan mengonsumsi obat berpeluang untuk menurunkan manfaat obat-obat tertentu.

Jus Jeruk

Meski kaya akan vitamin C, sebaiknya anda harus berhati-hati ketika meminumnya secara bersamaan dengan obat.

Menurut Katherne Zaratsky, ahli gizi dari Mayo Clinic, jus jeruk atau produk jeruk lainnya dapat mengganggu kinerja beberapa obat tertentu karena kandungan bahan kimia tertentu di dalamnya.

Baca juga: Serangan Jantung! Resiko Langsung Mandi Setelah Berolahraga