Merusak Kekebalan Tubuh! Jika Sabun Mengandung Bahan Triclosan

Penelitian

Para peneliti dari University of California, Davis dan University of Coloradomelakukan penelitian dengan menggunakan tikus sebagai sampel penelitian dengan menyuntikkan triclosan pada konsentrasi 12,5 mg per kg berat badan tikus.

Hasilnya, tikus tersebut mengalami hambatan kontraksi otot hanya dalam selang waktu 10 sampai 20 menit setelah terpapar triclosan. Selain itu juga terjadi penurunan fungsi jantung hingga 25 persen dan mengurangi tingkat kesadaran tikus dari obat bius hingga sebesar 18 persen atau 60 menit.

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa triclosan dapat mempengaruhi fungsi hati dan otot rangka tikus. Penurunan aktivitas otot tersebut mungkin tidak akan terjadi pada tikus dengan fisik yang sehat, tetapi risiko akan meningkat pada tikus dengan gagal jantung.

Baca juga: Terbukti! Sarapan Sehat Ini Dapat Menurunkan Berat Badan

Tidak Ada Bukti

Perusahaan yang menggunakannya pun tidak dapat membuktikan bahwa sabun mandi dengan triclosan lebih efektif dalam mencegah penyakit, ketimbang sabun mandi tanpa bahan tersebut.

Walau triclosan masih diizinkan untuk digunakan pada produk kebersihan pribadi lainnya, FDA dan para ahli merekomendasikan konsumen untuk memilih produk hand sanitizer berbahan dasar alkohol, atau sabun mandi dengan kandungan sabun dan air.

Baca juga: Berat Badan Dapat Turun Permanen Dengan Cara Alami

Add a Comment