Merusak Kekebalan Tubuh! Jika Sabun Mengandung Bahan Triclosan

PrimaBerita – Sabun dan pasta gigi bisa jadi memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Kandungan triclosan pada produk pembersih tubuh itu berbahaya untuk kekebalan tubuh.  

Seperti yang diungkap Medical Daily, triclosan merupakan zat kimia yang dinilai ampuh sebagai agen antibakteri. Kemampuan itu kini dikaitkan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh, seraya meningkatkan alergi, asma, dan eksim terutama pada anak-anak.

Baca juga: Air Kunyit Dijadikan Anti Kanker?? Emang Bisa?

Efek kesehatan

Efek kesehatan paling serius akibat rutin menggunakan produk pembersih berbahan triclosan kini sedang terjadi di AS. The Food and Drug Administration(FDA) menyatakan, penggunaan triclosan yang tidak sesuai aturan, dapat menyebabkan resistensi antimikroba (AMR).

AMR dapat meningkatkan kemungkinan munculnya bakteri super kebal terhadap sebagian besar jenis antibiotik. Mikroba yang kebal tersebut menjadi lebih sulit untuk diobati dan membutuhkan dosis antibiotik yang lebih tinggi.

Semakin sering orang menggunakan produk pembersih tubuh dengan triclosan, kemungkinan bakteri untuk bermutasi dan menghasilkan generasi yang mampu melawan antibiotik, menjadi lebih tinggi. 

Baca juga: Bedak Bayi, Biang Perusak Sistem Pernafasan Bayi

Add a Comment