Fenomena Hujan Es Dan Angin Kencang Membuat Panik Warga Magelang

Primaberita.com –  Hujan es disertai angin kencang melanda kabupaten Magelang, Jawa Tengah Rabu (24/1/2018) siang hari dan berlangsung sekitar 10 menit.

Fenomena hujan es ini pun menghebohkan warga sekitar. Sebab hujan yang turun tidak seperti biasanya butiran-butiran es batu jatuh mengenai warga dan angin kencang yang semakin menambah kepanikan.

Menurut BMKG hujan es terjadi karena adanya kondensasi /pengembunan mendadak pada awan cb (cumulonimbus) sehingga butiran yang jatuh masih berupa es karena jarak awan dengan bumi sangat dekat, sehingga uap air yang berkondensasi menjadi bongkahan es pada lapisan atmosfer belum sempat mencair ketika jatuh ke bumi.

Salah seorang warga, Agus Hadi mengatakan ketika hujan es terjadi dirinya tengah menaiki sepeda motor.

“Saya sedang dalam perjalanan dari Mertoyudan mau ke Kota Magelang. Kondisi memang sudah hujan deras disertai angin, tiba tiba  di tengah perjalanan tangan saya sakit, ternyata terkena butiran es,” ujar Agus.

“Mobil-mobil ada yang berhenti, ada yang berjalan pelan. Selain karena terjangan es, juga karena jarak pandang yang pendek akibat hujan es ini,” katanya.

Add a Comment