Sering Sakit-Sakitan? Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan….

Primaberita – Untuk menjaga kesehatan tubuh dan memastikan sistem imun kuat melawan penyakit, dibutuhkan nutrisi yang komplit dari makanan. Bukan hanya karbohidrat, protein, dan serat, tapi juga berbagai vitamin dan mineral yang menunjang daya tahan tubuh.

Echinacea

Bunga echinacea adalah salah satu jenis bunga dari keluarga daisy yang banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bunga ini memiliki campuran zat aktif yang kompleks, beberapa di antaranya disebut antimikroba. Sementara kandungan lainnya memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh manusia.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Infectious Diseases di University of Connecticut, bunga echinacea mampu menghasilkan efek kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Ginseng

Ginseng meningkatkan kinerja sistem kekebalan Anda dengan mengatur setiap jenis sel imun, termasuk makrofag, sel pembunuh alami, sel dendritik, sel T dan sel B. Ginseng juga memiliki senyawa antimikroba yang bekerja sebagai mekanisme pertahanan terhadap infeksi bakteri dan virus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine menemukan bahwa ekstrak ginseng berhasil menginduksi respon antibodi antigen spesifik ketika diberikan secara oral. Antibodi mengikat antigen, seperti racun atau virus, dan mencegah dari kerusakan sel-sel normal tubuh. Karena kemampuan ginseng memainkan peran dalam produksi antibodi, ginseng dapat membantu tubuh untuk melawan invasi mikroorganisme atau antigen patogen.

Vitamin A

Vitamin A adalah jenis vitamin larut dalam lemak yang banyak ditemukan pada daging, hati, produk susu dan telur, buah-buahan, serta sayuran hijau. Vitamin A memiliki banyak manfaat penting untuk tubuh. Beberapa fungsi vitamin A antara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penglihatan mata.

Fungsi sistem kekebalan tubuh bergantung dengan asupan vitamin A yang cukup, karena itu vitamin A dikenal sebagai vitamin pembangkit sistem kekebalan tubuh. Vitamin A, yang juga meliputi zat beta karoten dapat membantu retina, kornea, dan mata agar berfungsi dengan baik.

Baca juga: Air Kunyit Dijadikan Anti Kanker?? Emang Bisa?

Add a Comment