PrimaBerita – Salad merupakan jenis makanan yang berasal dari Eropa. Biasanya, racikan sayur itu diberi tambahan saus menggugah selera seperti mayones.

Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki racikan salad lokal yang sama-sama menggugah selera makan. Beberapa hidangan salad khas Indonesia antara lain pecel, gado-gado, karedok, lotek, rujak cingur, dan masih banyak lagi.

Pecel

Pecel merupakan hidangan berupa sayuran rebus dan disiram bumbu sambal kacang. Makanan populer di kawasan Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur ini biasanya terdiri dari kangkung, kacang panjang, taoge, mentimun, daun bayam dan daun kemangi.

Gado-gado

Gado-gado pada prinsipnya sama seperti pecel. Hal yang membedakan adalah gado-gado umumnya diberi tambahan irisan telur dan kentang rebus. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu saus kacang.

Karedok

Berbeda dengan pecel dan gado-gado yang menggunakan sayuran rebus, karedok asli Jawa Barat menggunakan sayur mentah. Sama seperti jenis salad lokal yang disebutkan di atas, karedok juga diberi bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Baca juga: Air Kunyit Dijadikan Anti Kanker?? Emang Bisa?