Tingkatkan Kualitas Hidup! Hanya Dengan Berpelukan

PrimaBerita – Rasanya tidak ada lagi yang menentramkan jiwa, selain berpelukan oleh orang-orang terdekat. Saat dilanda rasa sedih, atau sesaat sebelum menidurkan anak, sebuah pelukan walau hanya beberapa detik, memang diperlukan.

Manfaat

Rasa tenang dan tentram yang dirasakan, hanyalah satu dari beberapa manfaat pelukan. Selain memberikan manfaat secara psikologis, berpelukan pun memberikan efek positif untuk kesehatan fisik, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, serta sindrom fibromyalgia.

Kunci dari semua manfaat pelukan adalah hormon oksitosin, yang dilepaskan tubuh saat kita berpelukan. Seperti halnya dopamin dan serotonin, hormon oksitosin berkaitan dengan segala hal yang menyenangkan dan positif.

Mengikis rasa stres

Manfaat ini boleh jadi membuat kita suka berpelukan. Sebab dapat membantu meredakan stres yang mendera. Saat berpelukan, tubuh akan menghasilkan hormon oksitosin yang menenangkan, sehingga membantu kita mengendalikan rasa stres.

Berpelukan juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol atau hormon stres. Dalam kadar yang terlalu tinggi, hormon kortisol dapat membahayakan, baik bagi kondisi psikologis maupun fisik.

Oleh sebab itu, memberikan pelukan yang tulus saat teman dan keluarga dilingkupi duka dan menunjukkan kondisi stres, akan membantu mereka lebih tenang, serta meringankan stres.

Baca juga: Anti Ngantuk! Gak Bisa Minum Kopi, Ini Pengganti Kopi

Add a Comment