Travel

Berburu Pesona Blue Fire Di Kawah Ijen Banyuwangi

Primaberita.com -Berada di kota Banyuwangi, Jawa Timur, kawah ijen menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Kawah ijen merupakan sebuah danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen, terletak di ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman 200 meter dan luas mencapai 5.466 hektar.
Kawah ijen merupakan kawah dengan air yang memiliki tingkat keasaman tertinggi dan kawah terbesar didunia, yaitu memiliki tingkat keasaman mendekati nol yang dapat melarutkan tubuh menusia dengan cepat. Kawah ijen masih berada di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Banyuwangi.

Adalah Blue Fire /Api Biru yang menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi kawah ijen. Fenomena alam ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu di kawah ijen dan Islandia. Blue fire sebenarnya adalah hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan blue fire adalah mulai dari dini hari sampai menjelang fajar.

Untuk menuju ke kawah ijen perjalanan dimulai dari Paltuding yang merupakan pos perlindungan hutan dan pelestarian alam. Jarak tempuh dari situbondo ke paltuding jaraknya selitar 93 kilometer
dan bisa ditempuh dalam 2,5 jam. Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan pekebunan kopi dan hutan pinus yang sangat mempesona.Gunakanlah jaket yang tebal dan penutup kepala karena suhu cukup dingin, dan jangan lupa gunakan masker agar terjaga dari asap belerang.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan