Gila! Drama Korea Berbiaya Miliaran Rupiah. Apa saja?

PrimaBerita – Beberapa drama Korea Selatan belakangan ini membutuhkan anggaran yang jauh lebih besar ketimbang drama pada umumnya. Hal itu biasanya terjadi pada drama bergenre fantasi dan aksi yang membutuhkan efek spesial di hampir setiap episode. 

Nama-nama aktor dan aktris besar terutama pelanggan penghargaan tentu mempengaruhi jumlah anggaran produksi yang harus disiapkan. 

Arthdal Chronicles

Drama bergenre fantasi zaman kuno Korea ini menghabiskan sekitar 54 miliar won atau sekitar Rp639,42 miliar. Arthdal Chronicles memang bertabur bintang-bintang besar, mulai dari Song Joong-ki, Jang Dong-gun, sampai Kim Ji-won. 

Proses syuting drama ini dilakukan di Brunei. Tak tanggung-tanggung, tim produksi membangun set baru untuk drama ini di Osan, Gyeonggi yang kini bisa dikunjungi masyarakat umum.

Arthdal Chronicles yang mengisahkan perebutan kekuasaan beberapa suku dan dibumbui kisah cinta ini diproduksi Studio Dragon yang sebelumnya turut memproduksi drama berbiaya besar seperti Mr. Sunshine dan Memories of the Alhambra.

Oleh sebab itu, biaya produksi setiap episodenya diperkirakan mencapai 3 miliar won atau Rp35,5 miliar.

Kingdom 

Serial orisinal Netfix ini menghabiskan sekitar 20 miliar won atau sekitar Rp237 miliar untuk enam episode. Kingdom bisa dibilang sebagai perpaduan antara serial Game of Thrones serta The Walking Dead

Drama yang diperankan Ju Ji-hoon serta Bae Doo-na ini menceritakan tentang perebutan kekuasaan dalam kerajaan Korea namun dibumbui misteri ‘penyakit’ yang membuat banyak warga menjadi zombi. Mr. Sunshine

Drama yang terlebih dahulu diproduksi Studio Dragon ini menempati posisi kedua dengan biaya produksi mencapai 30 miliar won atau sekitar Rp355,5 miliar. 

Mr. Sunshine mengambil latar waktu ekspedisi Amerika Serikat ke Joseon (sebutan Korea Selatan zaman dulu) pada 1871. 

Lee Byung-hun dalam drama ini berperan sebagai warga Korea Selatan yang sempat pergi dan menetap di AS namun akhirnya kembali ke negara asalnya sebagai tentara Amerika. Anggaran besar tiap episode hingga 1,5 miliar won atau Rp20,15 miliar.

Baca juga: Tidak Makan Nasi, Tidak Turun Berat Badan? Anda Melakukan Kesalahan..

Add a Comment