Kolagen, Zat Yang Diperlukan Tubuh Untuk Menjadi Tubuh Tetap Sehat

PrimaBerita – Kolagen adalah protein dalam tubuh yang merupakan komponen struktural utama yang berada hampir di seluruh jaringan ikat. Kolagen memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk melindungi organ penting di dalam tubuh, menjaga kondisi kulit agar tetap prima, dan berfungsi untuk kesehatan gigi.  

Mendukung sistem tubuh

Kolagen merupakan polipeptida, senyawa yang terdiri atas dua asam amino atau lebih. Polopeptida melekat pada rantai karbohidrat. Ini adalah proses penting karena membuka jalan menuju produksi glikoprotein.

Glikoprotein bertugas untuk mendukung berbagai sistem tubuh manusia, termasuk sistem reproduksi, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh.

Melindungi dari sinar matahari

Tubuh kita secara alami memproduksi kolagen. Tetapi seiring bertambahnya usia, produksinya terancam. Tanpa cukup dalam tubuh, kita lebih berisiko dengan kondisi kesehatan tertentu yang disebabkan oleh pola makan yang buruk atau nutrisi yang tidak tepat.

Selain itu, tubuh kita juga mengkatabolisasi kolagen yang dihasilkan dan memberi kita semacam perlindungan dari tindakan merusak, seperti merokok dan menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari.

Baca juga: 4 Kelebihan Minum Air Hangat di Pagi Hari, Dari Detoksifikasi Sampai…

Menjaga fleksibilitas ligamen

Seiring bertambahnya usia, Anda secara alami kehilangan kolagen di dalam tubuh. Kolagen dan jenis protein lainnya mengandung beberapa asam amino menjadi aspek penting dalam menjaga ligamen Anda tetap fleksibel.

Selain itu juga dapat mencegah Anda memiliki otot yang lemah, keriput, dan kondisi kesehatan terkait usia lainnya.

Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Manfaat kolagen yang tak kalah penting dan sudah diketahui secara umum adalah dapat menjaga kulit, rambut, kuku, tulang, gigi, jaringan ikat, dan tulang rawan agar tetap sehat.

Menjaga tubuh tetap lengkap

Kolagen didefinisikan oleh para ahli sebagai protein berserat yang ditemukan di kulit, gigi, tulang, tulang rawan, pembuluh darah, kuku, dan rambut.

Kolagen juga merupakan protein struktural yang bertanggung jawab untuk menjaga tubuh tetap lengkap dan menyatukannya. Karena itu seperti lem yang menempelkan semua bagian tubuh kita.

Baca juga: Wajib Bayar Pajak Untuk Penghasilkan Diatas …

Add a Comment