Ini Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 Mendatang

Primaberita.com – Fenomena alam Gerhana Bulan total akan terlihat di seluruh daerah tanah air. Hal itu disampaikan langsung oleh Peneliti Pusat Sains Antariksa, Drs. Gunawan Admiranto.

Menurutnya, masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan momen gerhana bulan total pada tanggal 31 Januari 2018 dimulai dari pukul 18.48 WIB hingga pukul 21.07 WIB.

“Jadi gerhana bulan total bisa disaksikan 31 Januari nanti. Dimulai sekitar pukul 18.48 WIB bisa melihat gerhana parsial, dan sekitar pukul 19.51 WIB hingga 21.07 WIB itu adalah puncaknya (gerhana bulan total),” ujar Gunawan.

Gunawan menjelaskan saat bumi berada diantara bulan dan matahari, ketika itulah gerhana bulan terjadi. Nantinya durasi untuk bisa melihat gerhana bulan total kurang lebih 1 jam 16 menit.

Lebih jauh, proses gerhana bulan kali ini dikatakan cukup istimewa karena tidak hanya terjadi gerhana namun juga akan bisa menyaksikan fullmoon dan supermoon. Dengan demikian kita dapat melihat bulan yang nampak lebih terang juga lebih besar daripada biasanya.

Add a Comment