Makanan Khas Jawa Ini Bikin Kangen! Wajib Dicoba

PrimaBerita – Makanan khas Jawa selalu bikin kangen. Beberapa makanan seperti gudeg khas Jogja hingga nasi liwet, makanan khas Jawa Tengah, Solo, jadi salah satu makanan populer. Namun beberapa diantaranya ada makanan khas Jawa Tengah yang punya nama unik.

Ciri khas makanan khas Jawa ini tidak hanya memiliki rasa gurih, tetapi juga ada perpaduan rasa manis yang ringan. Tentu dengan percampuran bumbu-bumbu yang enak.

Mangut Iwak Beong

Mangut Iwak Beong jadi sajian paling populer yang ada di kawasan Borobudur. Makanan ini dibuat dari daging ikan Beong yang banyak dan mudah didapati di Kali Progo. Ikan Beong ini bentuknya mirip dengan ikan lele. Ukuran dari Beong bermacam-macam. Makanan khas kota Magelang ini bisa ditemui di Warung Sehati Selera Pedas. Lokasinya di Desa Kembanglimur, Kecamatan Borobudur. Harganya sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 75 ribuan.

Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan makanan khas Pemalang yang enak. Penamaannya yang unik ini dikarenakan, penyajian kuahnya lebih banyak dibandingkan dengan isinya. Sehingga sajian ini terlihat grombyang-grombyang atau bergoyang.

Sekilas penampilannya terlihat seperti rawon. Namun isiannya terdiri dari nasi, potongan daging kerbau dan kuah yang gurih segar. Penyajian nasi grombyang disajikan dalam mangkuk seperti soto Kudus. Salah satu yang enak yakni Nasi Grombyang H. Warso yang terletak di Jalan RE Martadinata Pelutan.

Mie Ongklok

Mampir ke Wonosobo, kamu bisa mencicip kuliner yang satu ini. Mie ongklok adalah mie rebus dengan paduan kuah kental yang enak. Makanan ini terdiri dari mi rebus, irisan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji. Enak dinikmati bersama dengan sate sapi berbumbu kacang. Mie ongklok milik Pak Muhadi ini bisa dicoba. Kedainya berlokasi di Jalan A. Yani No. 1, Wonosobo.

Nasi Gandul

Nasi gandul adalah sajian khas Pati, Jawa Tengah. Nama nasi gandul ini konon didapatkan dari nasi dan kuah yang ‘gemandul’ (bergantung) di atas piring yang terlebih dulu dialasi daun pisang. Nasi gandul mirip dengan nasi pindang dari Kudus. Nasi gandul ini adalah persilangan antara soto dan gule.

Nasi gadul beralas daun pisang dibuat dari campuran empal daging sapi plus kuah soto santan yang gurih. Salah satu yang enak adalah Nasi Gandul Pak Meled yang beralamat di Krajan Gajah Mati, Kabupaten Pati.

Baca juga: Siap-Siap! 12 Kuliner Bandung Ini Bakal Bikin Ngiler

Add a Comment